Dark/Light Mode

Menteri Agama Ajak Rakyat Maafkan Baasyir

Minggu, 20 Januari 2019 14:15 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim. (Foto: Twitter @Kementrian Agama RI).
Menteri Agama Lukman Hakim. (Foto: Twitter @Kementrian Agama RI).

 Sebelumnya 
Pertimbangan kondisi kesehatan Ba’asyir yang semakin tua dan melemah, menjadi faktor utama bagi Lukman untuk menyetujui sikap pemerintah dalam membebaskan pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki itu.

“Ya beliau itu kan sudah sangat sepuh, sudah sangat tua. Ya tentu ketika orang tua seperti itu, yang kondisinya kita semua sama-sama tahu, memang dengan pembebasan itu sesuatu yang saya setujui,” ujarnya.

Baca juga : Krisna Adi Tak Sadarkan Diri

Sementara Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai, Abu Bakar Ba’asyir masih memiliki pengaruh di kalangan jamaah yang se-ideologi dengannya. Buktinya, saat di Nusakambangan masih banyak yang datang menjenguk.

Guna mengantisipasi meningkatnya penyebaran paham radikal saat Ba’asyir dibebaskan, Moeldoko mengatakan, pemerintah tidak akan longgar dalam mengawasi, mencegah, dan menanggulangi terorisme. Menurutnya, pemerintah tetap menjalankan komitmennya memperketat pengawasan dan penanggulangan terorisme di Tanah Air. “

Baca juga : Mahathir: Masih Suka Balapan?

Aparat sudah memitigasi itu. Bukan berarti pembebasan Ba’asyir itu, terus kendor dalam konteks penanggulangan dan pengawasan. Komitmen presiden untuk tidak memberi ruang kepada kelompok radikal dan terorisme itu tidak pernah berubah,” jelas Moeldoko. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.