Dark/Light Mode

Tinjau Kesiapan KA Bandara Adi Soemarmo

Menteri BKS: Semua Siap 100 Persen

Sabtu, 28 Desember 2019 21:49 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Selasa (24/12) lalu. Foto: Twitter @BudiKaryaS
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Selasa (24/12) lalu. Foto: Twitter @BudiKaryaS

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kereta api (KA) bandara yang menghubungkan Stasiun Solobalapan dengan Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah sudah siap beroperasi. 

Hal ini diutarakan BKS, sapaan akrab Menteri Budi Karya, saat meninjau ke Bandara Adi Soemarmo. "KA Bandara dari Balapan (Stasiun Solobalapan) ke Adi Soemarmo sudah siap 100 persen," kata Budi Karya, Sabtu (28/12).

Ia mengatakan peluncuran awal akan dilakukan pada Minggu (29/12) dan akan dilakukan pengoperasian secara terbatas.

Baca juga : Mau Belanja Produk UMKM di Terminal 3 Bandara Soetta? Ke SMMILE Center Aja...

"Mungkin pengoperasian setiap satu jam. Pak Dirut (Direktur Utama PT KAI) sudah kasih gratis untuk dua bulan," katanya.

Mengenai KA Bandara tersebut, pihaknya ingin ke depan bisa menjadi contoh integrasi antarmoda. Dengan demikian, dikatakannya, masyarakat tidak perlu berkeliling dulu untuk bisa sampai ke bandara dari stasiun.

"Orang dari Wonogiri, dari Madiun yang turun ke Terminal Tirtonadi maupun Stasiun Solobalapan bisa langsung ke bandara. Tidak perlu ke mana-mana lagi," katanya.

Baca juga : Sevilla Vs Osasuna, Siap 100 Persen

Ia mengatakan transportasi terintegrasi tersebut juga merupakan wujud komitmen pemerintah untuk menjadikan kawasan wisata Borobudur sebagai Bali Baru.

"Jadi kami buat cincin, di antaranya menghubungkan Solo, Semarang, Cirebon, Jogja. Turis bisa 'landing' (mendarat) di Adi Soemarmo setelah itu naik KA lagi ke Jogja," katanya.

Sementara, Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro mengatakan sejauh ini ada dua armada yang dioperasikan untuk KA Bandara. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ke depan jumlah armada akan ditambah lagi.

Baca juga : Menuju Kemandirian Energi Nasional, Pertamina Siapkan SDM Unggul

"Sementara ini dua kereta. Nanti dipertimbangkan dari bandara (Adi Soemarmo) ke Jogja. Selain itu, untuk memastikan kelancaran operasi, dari sisi keamanan akan kami berikan penjagaan terutama di perlintasan sebidang," katanya. [KRS]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.