Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Asosiasi, Kemenperin Bantu Korban Banjir Lebak

Senin, 13 Januari 2020 20:36 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono melepas Keberangkatan Truk Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Lebak, Banten di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (13/1). (Foto: ist)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono melepas Keberangkatan Truk Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Lebak, Banten di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (13/1). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana banjir bandang dan longsor di Kabupaten Lebak, Banten. Upaya itu bentuk kepedulian Kemenperin terhadap masyarakat serta wujud kerja sama dengan sejumlah pelaku dan asosiasi industri. 

“Kontribusi bantuan dari industri ini merupakan paket bantuan lanjutan yang sudah dilakukan Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) dengan mengganti mesin dan peralatan IKM korban banjir sebesar 100 persen,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (13/1).

Agus melepas, lima truk berisi makanan, minuman, perlengkapan mandi, tenda, obat-obatan, dan lain sebagainya. “Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pelaku industri yang mendukung, karena hal ini merupakan positif dan bukan terlambat, meskipun bencana banjir di Lebak memang sudah terjadi beberapa waktu lalu,” tuturnya.

Baca juga : MUI Jakarta Galang Bantuan untuk Korban Banjir

Menurut Agus, solidaritas yang kuat, perlu terus dipertahankan guna mengantisipasi potensi bencana alam lainnya di berbagai daerah. Sehingga masyarakat yang terkena dampak bisa kembali pulih dalam tempo singkat.

“Saya pernah bertugas di Kementerian Sosial. Jadi, saya paham betul, sekecil apapun bantuan sangat membantu saudara kita yang kesulitan karena bencana,” ujarnya.

Agus mengagakan, telah membuat kebijakan untuk membantu industri kecil dan menengah (IKM), yang alat dan mesinnya terkena dampak banjir, dengan diganti 100 persen. “Seperti di Jakarta Barat dan Tangerang sudah diterapkan, dan telah diberikan langsung secara simbolis terkait mesinnya yang rusak yang terdampak banjir,” jelasnya.

Baca juga : Taspen Salurkan Bantuan Ke Pegawai MA Korban Banjir

Agus menambahkan, Kemenperin akan terus melakukan pendataan terkait IKM yang menjadi korban banjir, melalui dinas perindustrian setempat. Agus pun meminta kepada para pelaku industri untuk bisa terus membuka pintu bantuan bagi masyarakat yang terdampak bencana. 

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono menyampaikan, bantuan yang diberikan tersebut disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, Banten. “Adapun bantuan yang diberikan berupa sarden, biskuit, mie instan, air mineral, kopi, beras, alas kaki, pembersih lantai dan sebagainya,” sebutnya. Sigit berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban para korban serta bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Kemenperin juga tengah menunggu laporan dari pelaku industri maupun kawasan industri terkait dampak yang terjadi akibat banjir yang melanda Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sigit memprediksi, dampak yang ditimbulkan akibat banjir di Jabodetabek tidak bersifat nasional, sehingga aktivitas manufaktur masih akan berjalan dengan baik.

Baca juga : Takut Terdegradasi, Espanyol Jor-joran Belanja Pemain

Menurutnya, pembangunan kawasan industri telah memperhitungkan pedoman dan standar teknis terkait untuk mengantisipasi berbagai peristiwa, termasuk banjir, sejak awal pembangunannya. Dengan demikian, kawasan industri yang ada akan tetap beroperasi sebagaimana mestinya.

“Zona-zona industri biasanya dibangun jauh dari aspek-aspek bencana alam, misalnya banjir dan gempa," tandasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.