Dark/Light Mode

Banyak Hoaks, Sri Mul Minta Anak Buahnya Melawan

Senin, 9 Maret 2020 13:36 WIB
Menkeu Sri Mulyani. (Foto: Instagram Sri Mulyani)
Menkeu Sri Mulyani. (Foto: Instagram Sri Mulyani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Maraknya berita hoaks di masyarakat tentang keuangan negara membuat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati kesal. Dia meminta para pejabat di Kementerian Keuangan melawan berita-berita hoaks tersebut.

Hal tersebut disampaikan saat Sri Mulyani melantik Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (9/3).

Baca juga : Jaksa Agung Minta Penuntutan Dilakukan Sesuai Hati Nurani Dan Keadilan

“Saya minta Bu Puspa bisa ambil estafet kepemimpinan untuk meningkatkan institusi dan tanggung jawab yang kita lakukan. Kontestasi dalam informasi begitu banyak dan kreatif bahkan full timer untuk membuat hoaks,” kata Sri Mul seperti dikutip dari Antara.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan, melawan berita hoaks harus dilakukan karena Kemenkeu perlu memberikan informasi terkait APBN serta laporan keuangan pemerintah pusat dan daerah yang menjadi perhatian oleh seluruh masyarakat. Menurutnya, tugas mengelola dan membelanjakan uang oleh Kementerian Keuangan juga menjadi urusan masyarakat sehingga harus melalui komunikasi yang baik.

Baca juga : Blusukan Ke Gorontalo, Wamen PUPR Pantau Kinerja Anak Buahnya

“Berbagai jalur komunikasi seperti sosial media dan website itu perlu diperbaharui. Tidak dalam bentuk angka APBN saja, kadang perlu dalam narasi cerita agar rakyat memahami keuangan negara,” jelasnya.

Sri Mul juga mengatakan, pejabat Kementerian Keuangan harus mampu membuat formulasi serta merespons segala hoaks dengan cepat dan berkualitas sehingga tidak menimbulkan disinformasi bagi masyarakat. “Kita harus mampu menangkal itu karena komunikasi memang sangat menantang. Kita tidak boleh goyah, kita tahu apa yang harus dikomunikasikan dan cara apa yang harus ditempuh,” tegas Sri Mul. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.