Dark/Light Mode

Kunjungi Korban Longsor Bogor

Sohibul Iman Minta Penanganan Bencana Dilakukan Holistik

Kamis, 9 Januari 2020 21:08 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman saat mengunjungi lokasi longsor di Desa Jaya Raharja, Bogor, Kamis (9/1). (Foto: Dok. PKS)
Presiden PKS Sohibul Iman saat mengunjungi lokasi longsor di Desa Jaya Raharja, Bogor, Kamis (9/1). (Foto: Dok. PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden PKS Sohibul Iman mengunjungi korban bencana longsor di Desa Jaya Raharja, Bogor, Kamis (9/1). Melihat kondisi kawasan yang terisolir tersebut, Sohibul menegaskan, bencana ini perlu penanganan khusus.

"Saya semakin yakin penanganan banjir harus bersifat holistik-komprehensif. Tidak hanya mengatasi di hilir tapi juga di hulu. Nah, di hulu itu perlu ada peningkatan pengawasan alih lahan yang seharusnya hutan lindung menjadi lahan itu tidak boleh," ujar dia.

Baca juga : Jokowi Minta Pohon Ini Yang Ditanam

Sohibul meminta kepada masyarakat dan pengusaha untuk menjaga lingkungan yang telah dianugerahkan Tuhan. "Kepada pengusaha yang memiliki lahan di sini tolong taati aturan-aturan yang sudah kita bikin. Sebab dengan peraturan yang dilanggar banjir ini terjadi," tegas dia.

Dalam kunjungan itu, PKS menyumbang ratusan meter paralon untuk korban bencana longsor. Paralon tersebut untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. 

Baca juga : Sambangi Korban Banjir, Bamsoet Beri Bantuan dan Makan Bersama

Sohibul ikut memanggul paralon dengan jalan kaki. Ia mengenakan baju lapangan, jas hujan, dan helm berwarna jingga menaiki tanjakan dan turunan yang masih licin oleh hujan.

Sohibul menyaksikan betapa bencana kali ini sangat luar biasa. Makanya, dia bertekad bersama masyarakat untuk meringankan beban mereka. "Walaupun mungkin yang kami lakukan tidak seberapa. Tetapi kebersamaan kami mudah-mudahan menguatkan mereka, menghadapi bencana ini," kata dia di musala yang dijadikan tempat pengungsian warga.

Baca juga : Dana Desa Boleh Dipakai Untuk Penanggulangan Bencana

Selain paralon, PKS juga menyumbangkan kebutuhan pokok harian. Juga memberikan sumbangan tenaga membersihkan tempat publik seperti pondok pesantren dan mushola yang dikerjakan relawan PKS. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.