Dark/Light Mode

6 Pegawainya Tewas

Menteri LHK Ajak Jajarannya Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Selasa, 10 Maret 2020 00:20 WIB
Kantor LHK berduka atas musiban tenggelamnya kapal perahu di Kalteng.
Kantor LHK berduka atas musiban tenggelamnya kapal perahu di Kalteng.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), berduka cita atas tewasnya enam pegawai LHK dalam musibah speeboat di TN Sebangau, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (9/03), sekitar pukul 12.00 WIT.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar yang baru pulang dari kunjungan kerja di Lombok, langsung mengimbau kepada seluruh jajarannya di kantor teknis UPT KLHK se-Indonesia untuk melakukan pengibaran bendera setengah tiang, sebagai tanda berkabung atas wafatnya para stafnya dalam melaksanakan tugas.

Demikian surat edaran yang ditanda tangani oleh Sekjen KLHK, Bambang Hendroyono yang diterima RMco.id, Senin (9/03) malam.  

Baca juga : Soal Anggaran, Menpora Minta Jajarannya Kedepankan Prinsip Transparansi dan Akuntabel

Setelah menerima kabar duka, menteri dari NasDem ini langsung menyampaikan duka cita mendalamnya.

"Innalillahi Wainailahi rojiun. Saya mendapatkan kabar duka terjadi insiden kecelakaan perahu motor di Sungai Taman Nasional Sebangau, Palangka Raya. Saya terus mengikuti perkembangan dan minta terus diperbaharui informasinya. Kita doakan agar proses evakuasi berjalan lancar," tulis Siti melalui akun medsosnya.

Informasi terakhir, terdapat 8 orang staf LHK  yang menjadi korban dalam musibah TN Sebangau. Enam orang korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan dua orang mendapatkan perawatan. 

Baca juga : KPK: Surat Keberatan Rossa Salah Alamat

Keenam yang wafat, yaitu Abdi Darmansyah, Ibnu Yudistira Hendrawan, Mutiara, Tias Nofianti, satu orang istri Polhut atas nama Umroatus Sholikhah, dan satu orang Manggala Agni atas nama Mansyah. 

Jenazah telah diambil dari rumah sakit oleh masing - masing  keluarga untuk dimakamkan di kota Palangkaraya,  dan  di kabupaten Kapuas serta kabupaten Katingan. 

Satu jenazah rencana akan dijemput keluarga untuk dimakamkan di Jawa Tengah. Dua orang korban atas nama Yuliansi dan Selfia saat ini sedang mendapatkan perawatan.

Baca juga : Mendes dan Mentan Teken Kerja Sama Tingkatkan Pertanian Desa

Menteri Siti Nurbaya beserta Wakil Menteri dan Sekjen, dan Irjen serta beberapa pejabat lainnya dijadwalkan akan ke Kalimantan Tengah, ke rumah duka masing-masing.  

Sampai malam ini, Sekjen dan Dirjen KSDAE beserta staf sedang mempersiapkan dokumen administrasi gugur dalam tugas dan hal-hal yang diperlukan secara teknis menurut standard operasional prosedur sesuai ketentuan.

Selain pegawai KLHK, anggota TNI ikut menjadi korban. Yaitu Dandim Kuala Kapuas Letkol Bambang Kristianto Bawono. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.