Dark/Light Mode

Hadiri Rapat Anggota Kospin Jasa

Menkop Minta Koperasi Jadi Tulang Punggung Ekonomi

Minggu, 15 Maret 2020 18:48 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki saat mengunjung stand Kospin Jasa, Pekalongan, Jateng, Sabtu (14/3). (Foto: ist)
Menkop dan UKM Teten Masduki saat mengunjung stand Kospin Jasa, Pekalongan, Jateng, Sabtu (14/3). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan koperasi di Indonesia diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi nasional bila dikelola secara profesional, modern dan terus melakukan inovasi.

Hal itu dikatakan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019 Kospin Jasa di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (14/3).

"Koperasi ditargetkan akan menjadi model bisnis pilihan yang menguntungkan khususnya bagi anak muda," katanya.

Teten mengatakan, capaian kinerja Kospin Jasa yang terus mengalami pertumbuhan merupakan contoh model koperasi yang dikelola secara profesional, mampu menerapkan manajamen modern, inovasi dan berusaha memasuki era baru dan era digital. Kospin Jasa juga menjalankan fungsinya sebagai koperasi yang menghubungkan antar kegiatan usaha sehingga terjadi pergerakan ekonomi yang semakin besar.

"Melihat pengalaman Kospin Jasa, koperasi bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional," kata Teten. 

Baca juga : Terima Pengurus DEKOPIN, Bamsoet Tegaskan Koperasi Harus Jadi Pilar Utama Perekonomian

Namun, ia mengakui tantangan koperasi khususnya Koperasi Simpan Pinjam tidak mudah karena di luar koperasi tumbuh lembaga keuangan yang modern dengan layanan mudah dan cepat. Karena itu, diharapkan koperasi terus melakukan inovasi, modernisasi manajemen dan mengadopsi teknologi untuk memberi kemudahan bagi anggotanya. 

Tantangan lainnya, koperasi belum menjadi model bisnis pilihan di masyarakat khususnya anak muda yang menguntungkan dan memberikan kesejahteraan bersama. "Ini yang sekarang yang sedang kita jalankan rebranding koperasi di kalangan anak muda," ucapnya.

Ia mengungkapkan, Kemenkop dan UKM bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah merancang program koperasi masuk kampus. Diharapkan program ini segera dapat dijalankan agar koperasi tidak semakin tertinggal dan semakin mengecil. 

"Kita berkepentingan mendorong koperasi semakin berkembang untuk menciptakan jumlah wirausaha yang lebih banyak," tegasnya.

Pemerintah, lanjut Teten, sedang menyusun regulasi yang memberikan kemudahan dalam berkoperasi melalui Omnibus Law. Perizinan koperasi akan lebih mudah dan koperasi dapat berbisnis di semua sektor termasuk mengerjakan proyek infrastruktur. 

Baca juga : Menkop Minta Koperasi Dilibatkan Dalam Pengembangan Labuan Bajo

Kinerja Positif

Ketua Umum Kospin Jasa, Andi Arslan Djunaid mengatakan, capaian kinerja Kospin Jasa pada Tahun Buku 2019 menunjukkan pertumbuhan positif meski banyak tantangan yang dihadapi sepanjang tahun. 

Pada 2019, berlangsung perhelatan politik nasional Pemilu, perang dagang antara China  dan AS dan berbagai bencana yang terjadi di tanah air yang semuanya berdampak terhadap kondisi perekonomian nasional. 

Ia memaparkan capaian kinerja Kospin Jasa di sektor konvensional untuk 2019 berbanding 2018, yakni aset tumbuh 15,93 persen menjadi Rp7,8 triliun, tabungan/simpanan tumbuh 18,03 persen menjadi Rp 5,5 triliun dan pinjaman naik 25,36 persen menjadi Rp 4,9 triliun. Adapun total aset Konvensional dan Syariah Kospin Jasa mencapai Rp 9,6 triliun. 

"Pertumbuhan Kospin Jasa secara persentase lebih baik dibandingkan industri keuangan dan perbankan. Dampaknya ke anggota adalah pemberian SHU yang lebih baik," kata Andi. 

Baca juga : Presiden Minta Petinggi OJK Reformasi Industri Asuransi

Pada tahun buku 2019, Kospin Jasa juga mencatatkan Jasa Pinjaman mencapai 17,3 persen dan Jasa Simpanan 14,6 persen. Dibandingkan deposito di bank, Kospin Jasa mampu meraih dua kali lipat lebih tinggi. 

Andi menegaskan, keberadaan koperasi memang harus memberi manfaat bagi anggota dan masyarakat. Koperasi hadir untuk memberi kesejahteraan bersama, sebagai silaturahmi dan menjalin usaha bersama. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.