Dark/Light Mode

Demi Angkat Kesehatan Masyarakat

Menteri Tito Minta Pedagang Makanan Diawasi

Selasa, 19 November 2019 20:51 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat berbicara di acara penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat (KKS), di kantor Kemendagri, Selasa (19/11).
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat berbicara di acara penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat (KKS), di kantor Kemendagri, Selasa (19/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta pemerintah daerah makin peduli dengan kesehatan warganya. Caranya, dengan mengawasi makanan yang dijual di restoran dan di jalanan. 

Menurut Mendagri, kualitas makanan yang ada di ruang publik penting diperhatikan untuk mendongkrak kesehatan masyarakat. Inilah yang kerap luput dari perhatian.  

Baca juga : Menkes: Semoga Perekonomian Terangkat

“Perlu inspeksi terhadap restoran dan makan yang dijual di ruang publik. Yang seperti ini kayaknya belum ada. Mereka masih bebas sebebas-bebasnya,” jelas Menteri Tito saat memberikan penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat (KKS), di kantor Kemendagri, Selasa (19/11).

Padahal, lanjut Tito, kita tidak tahu apa kandungan baso yang kita makan. Berisi bahan kimia atau tidak. Begitu juga ikan. Jangan-jangan ada yang dikasih formalin agar tahan lama. 

Baca juga : Menteri Tito: Kita All Out Dukung Menkes

“Akhirnya berujung pada penyakit, kanker, dan penyakit lainnya, akibatnya biaya negara dan perorangan jauh lebih tinggi,” imbuh Tito. 

Menurut Tito, kesehatan berupakan aspek sentral dalam pembangunan. Dalam lima program prioritas nasional, poinnya ada pada pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia. Pembangunan SDM ini selain ditopang oleh aspek pendidikan formal maupun non-formal, juga ditunjang dengan aspek kesehatan. Sebab, bagaimana mungkin membentuk SDM yang unggul dan terampil jika SDM tak sehat secara fisik, mental, maupun spiritual.[KRS}

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.