Dark/Light Mode

Update Corona: Korban Jiwa 87, Sembuh 46, Total Kasus 1.046

Jumlah Kasus Naik Signifikan, Jarak Aman Masih Kurang Dijaga

Jumat, 27 Maret 2020 16:04 WIB
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto (Foto: M Ade Al Kautsar/RM)
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto (Foto: M Ade Al Kautsar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Total kasus positif COVID-19 dilaporkan mengalami kenaikan signifikan. Terhitung sejak Kamis (26/3) pukul 12 siang sampai Jumat (27/3) pukul 12 siang, ditemukan 153 kasus baru. Sehingga secara akumulatif, kasus positif corona yang ditemukan di Indonesia menembus angka 1.046 kasus.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Wabah Corona Achmad Yurianto mengatakan, kenaikan signifikan itu antara lain dipicu oleh kurangnya kesadaran untuk menjaga jarak aman atau physical distancing, yang dianjurkan oleh pemerintah.

Baca juga : Update Corona: 58 Meninggal Dunia, Total Kasus Positif 790

"Ini artinya, masih ada penularan dan jarak aman masih kurang dijaga," kata Yurianto dalam video streaming BNPB Indonesia, Jumat (27/3) di Jakarta.

Sementara itu, angka kematian dilaporkan relatif menurun. Dari hari sebelumnya mencapai 20 orang, kini menjadi 9 orang. Sehingga, akumulasi total meninggal dunia akibat Covid-19 menjadi 87 kasus.

Baca juga : Korban Jiwa Naik Jadi 48, Yang Sembuh Ada 29, Total Kasus 514

Sementara untuk kasus pasien yang dinyatakan sembuh,  bertambah 11 orang. Sehingga total menjadi 46 kasus.

Dalam kesempatan itu, Yuri mengimbau agar masyarakat menjaga jarak aman hingga 2 meter. Lebih jauh dari yang disarankan sebelumnya, yakni 1,5 meter.

Baca juga : Korban Jiwa Naik Jadi 38, Sembuh 20, Total Kasus Positif 450

Yuri juga meminta masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan cuci tangan. Tidak adanya hand sanitizer, menurutnya bukan alasan.

"Secara ilmiah, sudah dibuktikan virus ini sangat mudah kena sabun dan kena deterjen. Cuci tanganlah pakai sabun. Jangan jadi alasan nggak punya sanitizer," tandasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.