Dark/Light Mode

Ikuti KTT Luar Biasa G20, Jokowi Diskusi Penanganan Covid-19 dengan Pimpinan Negara Dunia

Kamis, 26 Maret 2020 22:01 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi (kiri) dan Menkeu Sri Mulyani saat mengkuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis malam (26/3). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi (kiri) dan Menkeu Sri Mulyani saat mengkuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Kamis malam (26/3). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengikuti KTT Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis malam (26/3). KTT tersebut membahas upaya negara-negara anggota G20 dalam penanganan Covid-19.

KTT ini digagas Arab Saudi selaku Ketua G20 tahun ini. KTT diawali dengan sambutan pembukaan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud pada pukul 15.00 waktu Arab Saudi atau pukul 19.00 WIB. Yang mengkuti KTT ini adalah 20 negara anggota G20, 7 negara undangan, 9 organisasi internasional, dan 2 organisasi regional. 

Seperti keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), pada pertemuan tersebut, Presiden Jokowi berdiskusi secara virtual dengan para pemimpin negara anggota G20 dan organisasi internasional terkait, di antaranya PBB, WHO, Bank Dunia, dan IMF. “Dengan tujuan untuk membahas tidak saja penanganan krisis pandemik, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain,” demikian keterangan Kemenlu yang diterima redaksi, Kamis malam (26/3).

Baca juga : Direstui Presiden Jokowi, Doni Boleh Ngatur Impor Kebutuhan Penanganan Covid-19

Para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang mengikuti KTT Luar Biasa G20 ini adalah Presiden Jokowi, Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Presiden Brazil Jair Bolsonaro, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Angela Merkel, PM India Narendra Modi, PM Italia Giuseppe Conte, PM Jepang Shinzō Abe, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador, Presiden Rusia Vladimir Putin, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, PM Inggris Boris Johnson, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Uni Eropa, Charles Michel.

Jokowi mengkitu KTT itu dengan ditemani Menlu Retno Marsudi dan Menkeu Sri Mulyani. Dalam unggahannya foto-foto KTT itu di Instagram @smidrawati, Sri Mulyani menyatakan, kekaguman ke Presiden Jokowi yang tetap mengikuti KTT itu meski sedang berduka.

“Meskipun masih dalam suasana sangat berduka dan baru selesai melaksanakan pemakaman Ibunda tercinta Ibu Sudjiatmi Notomihardjo, malam ini mulai pukul 19.00 di Istana Bogor, Presiden Jokowi menghadiri dan berpartisipasi dalam pertemuan pimpinan G20 untuk membahas pandemi Covid-19. Seorang pemimpin dengan dedikasi luar biasa dan komitmen tiada tara untuk Bangsa dan Negara Indonesia. Sungguh terharu dan bangga..!” tulis Sri Mulyani. 

Baca juga : Ara: Langkah Jokowi Realokasi Anggaran Negara untuk Atasi Covid-19 Sangat Tepat

Ancaman Covid-19 yang tidak mengenal batas negara, kata Sri Mulyani, telah menimbulkan banyak korban manusia. Covid-19 tidak lagi hanya menjadi masalah kesehatan namun telah menjadi ancaman kemanusiaan, sosial, ekonomi dan keuangan dunia.

“Untuk memerangi pandemi Covid-19, Pemimpin G20 meminta lembaga internasional WHO, UN, IMF dan World Bank bersama seluruh negara untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama kebijakan, instrumen dan langkah penanganan Covid19,” tuturnya.

Langkah penting itu meliputi kerja sama pencegahan penyebaran virus, melindungi pekerja di bidang kesehatan dan upaya menemukan vaksin secepat mungkin. Menangani dampak sosial ekonomi dan ancaman stabilitas sistem keuangan, dengan fokus melindungi masyarakat terutama yang paling lemah dan usah kecil menengah. 

Baca juga : RI Larang Masuk dan Transit Pendatang dari 8 Negara Eropa

“Kerjanya global perlu diperkuat dan dipererat untuk keberhasilan melawan ancaman Covid 19. Seperti disampaikan oleh Raja Salman dari Saudi Arabia sebagai tuan rumah G20, Para Pemimpin G20 berkomitmen ‘Bersama kita akan dapat mengatasi krisis Covid-9’,” tutup Sri Mulyani. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.