Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Airlangga Cs Kucurin Ro 20 Triliun Untuk Kartu Pra Kerja

Rabu, 1 April 2020 22:34 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyiapkan anggaran Rp20 triliun untuk program Kartu Pra-kerja. Kartu ini akan menyasar 5,6 juta orang peserta.

Besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp3.550.000. Rinciannya, per peserta mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta dan insentif setelah pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan serta insentif survei pekerjaan sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.

Baca juga : HNW Ajak Anggota Dewan Potong Gaji untuk Bantu Tenaga Medis

Setiap peserta program hanya dapat mengikuti satu kali program dan insentif tersebut akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu kali pelatihan. "Kami berharap program ini dapat membantu daya beli para pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu (1/4).

Pekerja formal maupun informal yang terdampak covid dapat mendaftarkan diri di laman resmi www.prakerja.go.id, mulai minggu kedua April 2020.

Baca juga : Malaysia Gelontorkan Rp 928 Triliun Bantu Ekonomi Rakyat

Menurut Airlangga, pemerintah menambah anggaran kartu prakerja saat ini dari sebelumnya Rp 10 triliun menyasar 2 juta peserta.

Tak hanya diutamakan bagi pekerja dan pencari kerja muda, program ini juga menyasar mereka yang terkena dampak langsung dari kejadian luar biasa corona.

Baca juga : Ini Pesan Ketua MPR Agar Penyaluran BLT dan Kartu Pra-Kerja Efektif

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi dan peningkatan produktivitas melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua WNI yang berusia 18 tahun ke atas.Peserta tidak sedang sekolah atau kuliah, dan mereka yang terkena dampak langsung dari corona.

Adapun jenis pelatihan yang dapat diambil dalam program Kartu Prakerja pada masa wabah corona ini adalah yang berbasis daring (online). Kanal digital yang bekerja sama dengan Program Kartu Prakerja sampai saat ini yakni Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy by Ruangguru, MauBelajarApa, HarukaEdu, PijarMahir, Sekolah.mu dan Sisnaker. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.