Dark/Light Mode

Cuti Bersama Idul Fitri Dicabut

Pemerintah Godok Opsi Pengganti Libur Lebaran

Selasa, 5 Mei 2020 08:14 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Covid-19, Doni Monardo (Foto: Istimewa)
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Covid-19, Doni Monardo (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, pada 9 Maret 2020, pemerintah juga telah menambahkan hari libur pada 30 Oktober 2020. Muhadjir menerangkan, usulan agar cuti bersama dilakukan akhir tahun, dengan pertimbangan bahwa pandemi Covid-19 diperkirakan telah tertangani dengan baik.

Selain itu, akhir tahun juga merupakan masa liburan sekolah dan memberikan waktu pada keluarga, untuk memiliki waktu cukup dalam merencanakan liburan.

Baca juga : Idul Adha Dan Akhir Tahun Jadi Opsi Pengganti Cuti Lebaran

Muhadjir mengimbau masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran. “Jangan mudik dan berwisata dalam waktu dekat ini karena penyebaran virus corona di Indonesia masih terus meningkat,” tegasnya.

Muhadjir mengajak masyarakat senantiasa taat terhadap ketentuan sebagaimana diatur dalam PSBB. Seperti diketahui, pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran. Namun demikian, tidak sedikit masyarakat yang nekat ingin pulang kampung.

Baca juga : Setuju Relaksasi PSBB, Fraksi PDIP Minta Pemerintah Fokus ke Pangan, Ekonomi dan Kesehatan

Hal itu tercermin dari hasil Operasi Ketupat yang dilakukan kepolisian dan TNI. Dari operasi itu selama 10 hari, aparat setidaknya memaksa 23 ribu kendaraan pemudik putar balik. Saat ini tren angka pemudik sudah menurun. Namun rawan terjadi kembali menjelang Hari Raya Idul Fitri. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.