Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemhan Tambah Pasokan Paket Makanan Untuk Tim Medis Covid-19

Selasa, 19 Mei 2020 20:19 WIB
Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Jubei Levianto saat menyerahkan bantuan paket makanan secara simbolik kepada kader Bela Negara untuk dikirim ke Rumah Sakit Covid rujukan pemerintah Se-Jabotabek, di Restong Cafe, Jakarta, Selasa (19/5). (Foto: Humas Kemhan)
Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Jubei Levianto saat menyerahkan bantuan paket makanan secara simbolik kepada kader Bela Negara untuk dikirim ke Rumah Sakit Covid rujukan pemerintah Se-Jabotabek, di Restong Cafe, Jakarta, Selasa (19/5). (Foto: Humas Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk kembali melaksanakan Aksi Bela Negara peduli Covid-19 dengan mengirim paket makanan siap saji untuk tim medis di 25 Rumah Sakit Covid-19 rujukan pemerintah yang ada di Wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek). Jumlah yang dikirim kali ini lebih banyak dari pengiriman sebelumnya.

"Sebelumnya sebanyak 2.500. Sekarang jumlahnya kita tambah menjadi 3000 makanan siap saji untuk 25 rumah sakit,” kata Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Jubei Levianto di Restong Cafe, Jakarta, Selasa (19/5).

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, pengiriman bantuan tersebut sebagai bentuk nyata aksi bela negara dan kepedulian dari masyarakat di tengah perjuangan melawan pandemi Covid-19. Khususnya terhadap perjuangan tim medis yang saat ini berada di garda terdepan melawan Covid-19, dan membantu orang-orang yang terkena virus tersebut.

Berita Terkait : Kemenkumham Salurkan Bansos Sembako Rp 2,1 Miliar Ke Ribuan Warga Terdampak Covid-19

"Untuk pendistribusian makanan, saat ini kita kebetulan memakai kader bela negara melalui Purna Paskibraka, dan Resimen Mahasiswa (Menwa). Jumlahnya kurang lebih sekitar 100 orang," paparnya.

Jubei berharap, masyarakat terus mengedepakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah agar tidak terpapar virus Corona. Seperti jaga jarak (Physical distancing), memakai masker, protokol kesehatan lainnya. "Ini agar jangan sampai tim media yang telah berjuang setengah mati, tapi masyarakat lain malah mengabaikan protokol kesehatan sehingga bertambah jumlah yang terinfeksi," paparnya.

Di tempat sama, Kepala Staf Komando Nasional (Kaskonas) Menwa Indonesia M. Arwani Denni mengatakan, keikutsertaan pihaknya dalam kegiatan ini merupakan satu bentuk kesadaran sebagai anak bangsa untuk ikut membantu memberantas atau mempercepat pemutusan covid-19. Khususnya memberi bantuan kepada tenaga kesehatan yang saat ini berada di garda terdepan memerangi covid-19. 

Berita Terkait : Kadin dan KKP Serahkan 2.000 Paket Sembako untuk Nelayan Muara Baru

"Tapi apa yang kami berikan ini belum ada apa-apanya bila dibanding dengan perjuangan mereka. Makanya, kami hanya bisa memberikan semangat, dan membantu pihak-pihak yang bisa memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan," katanya.

Dia pun menegaskan, pihaknya akan selalu siap andai kembali mendapat tugas dari Kemhan untuk menjalankan misi kemanusian.

"Tapi dalam kegiatan hari ini kami mendapat jatah untuk mengantar makanan siap saji untuk tim medis yang ada di 19 Rumah Sakit. Kalau minggu lalu kami mengirim ke 25 rumah sakit," ujarnya. [DNU]