Dark/Light Mode

Khofifah Sebar Sembako Untuk Warga Jatim di Jabodetabek

Rabu, 20 Mei 2020 21:41 WIB
Pemprov  Jawa Timur bagikan 1.900 paket sembako kepada warga Jatim yang tidak mudik ke kampung halaman di wilayah Jabodetabek.
Pemprov Jawa Timur bagikan 1.900 paket sembako kepada warga Jatim yang tidak mudik ke kampung halaman di wilayah Jabodetabek.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi Jawa Timur, membagikan sebanyak 1.900 paket sembako secara door to door, atau dari rumah ke rumah kepada warga Jatim yang tidak mudik ke kampung halaman di wilayah Jabodetabek. 

Cara ini ditempuh, guna menghindari kerumunan warga. Paket sembako tersebut berisi beras, minyak goreng, mie instan, gula, masker, dan hand sanitizer. 

Selain paket sembako, Pemprov Jatim juga memberikan uang tunai Rp200 ribu per kepala keluarga yang merupakan program jaring pengaman sosial. Uang tunai tersebut akan diberikan selama tiga bulan ke depan hingga Juli 2020. 

Baca juga : Lewat Video Call, AHY Kembali Serahkan 18.000 Paket Sembako Untuk Warga Karawang

"Bantuan berangkat langsung dari Surabaya, Senin (18/05), dan sampai di Jakarta Selasa (19/05), selanjutnya langsung dibagikan secara door to door oleh Badan Penghubung Daerah Provinsi Jatim di Jakarta," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam siaran pers  Rabu (20/05). 

Khofifah mengatakan, bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban warga Jatim yang tengah merantau di Jabodetabek selama pandemi. 

Khofifah juga berharap, warga Jatim bisa saling bahu membahu dan tolong menolong menghadapi situasi darurat ini.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga bagi Sembako untuk Keluarga AMT

"Insyaallah dengan bersama-sama maka pandemi ini bisa kita lalui dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur di Jakarta, Zainal Fanani mengatakan, penerima bantuan diutamakan adalah warga Jawa Timur yang dibuktikan dengan masih ber KTP Jawa Timur, namun alamat tinggal, atau domisili di Jabodetabek. 

Diterangkan, data penerima bantuan didapat dari warga yang telah mendaftar di aplikasi Radar Bansos Jatim dan juga data dari paguyuban Jawa Timur di Jabodetabek. 

Baca juga : KNPI Bagikan Ratusan Paket Sembako Untuk Lansia

Rinciannya, 347 orang adalah mereka mendaftar dalam radar bansos. Sedangkan, sisanya 1.553 orang lainnya adalah warga Jawa Timur yang tergabung dalam paguyuban-paguyuban perantau di Jabodetabek dengan berbagai latar pekerjaan. 

"Kami kerahkan 17 tim untuk membagikan paket-paket sembako tersebut yang disebar ke 17 titik di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Diharapkan, penyaluran bantuan ini dapat selesai sebelum Lebaran dan meringankan beban saudara-saudara kita se-Jatim," terangnya. [SAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.