Dewan Pers

Dark/Light Mode

KNPI Bagikan Ratusan Paket Sembako Untuk Lansia

Rabu, 20 Mei 2020 11:03 WIB
Ketua DPD KNPI Jakarta Rachmat Ariyanto (tengah) menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19, Selasa (19/5).
Ketua DPD KNPI Jakarta Rachmat Ariyanto (tengah) menyerahkan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19, Selasa (19/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DKI Jakarta melalui program KNPI Peduli membagikan ratusan paket sembako untuk warga golongan lanjut usia (Lansia) di Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat. 

Rachmat Ariyanto, Ketua Caretaker KNPI DKI Jakarta menyatakan, program ini merupakan kolaborasi dengan Gugus Covid DPP KNPI beserta tokoh masyarakat di Jakarta Barat Hj Nurafni Sadjim SE. 

“Dengan ikut memberikan 300 paket sembako dari Kemensos untuk lansia di wilayah Cengkareng barat, kami mengharapkan bisa berbagi kebahagiaan dengan masyarakat yang sedang bersiap-siap menyambut Hari Raya Idul Fitri,” ujar Rachmat kepada media.

Berita Terkait : LPEI Salurkan Bantuan Wastafel Portable dan Paket Sembako Ke Warga Muara Angke

Paket sembako yang dibeli dari UKM sekitar ini merupakan ciri khas KNPI sebagai bentuk dukungan kepada perputaran ekonomi masyarakat terdampak.

“Kenapa kami mengincar warga lansia karena mereka adalah warga yang paling rawan terhadap Covid-19 dan juga banyak dari mereka yang tidak terdata dengan baik karena tidak memiliki KTP,” terang Rachmat. 

Di masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga menyampaikan pesan untuk terus berupaya hidup sehat, tetap jaga jarak dan dapat memaklumi situasi yang ada sehingga bisa menekan penyebaran virus.

Berita Terkait : PAN Berikan Bantuan Sembako Lewat Online

“Di hari raya yang sebentar lagi akan datang, kita mengusung tagline Bertemu Tapi Tidak Bertamu, saling bermaaf-maafan dengan memaksimalkan teknologi yang ada. Dalam hari raya nanti harus menjadi hari bahagia, bukan ajang pertukaran virus,” tegas Rachmat. 

Ketua Gugus Covid-19 DPP KNPI Muhammad Ikhsan menyatakan, kebahagiannya dapat berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan terutama warga lansia di Jakarta Barat.

“Sebagai mitra resmi Gugus Covid-19 Nasional di bawah pimpinan Bapak Doni Monardo yang fokus pada relawan anak muda, kami merasa senang bantuan kami dapat tersalurkan dengan tepat karena berkolaborasi dengan pengurus di DPD Provinsi yang memang tahu dan paham betul seluk beluk permasalahan wilayahnya,” ucap Ikhsan.

Berita Terkait : Kemhan Tambah Pasokan Paket Makanan Untuk Tim Medis Covid-19

Menurut dia, program ini menjadi salah satu dari delapan program dasar kerja sama KNPI dengan pemerintah untuk menjalankan berbagai program dukungan kepada masyarakat guna melengkapi kegiatan dan program yang sudah dijalankan oleh pemerintah.

“Tadi siang kami juga telah menyalurkan puluhan ton beras ke 10 pengurus tingkat kota dan kabupaten di Jabodetabek. Saat ini kami telah menyalurkan 50 ton beras dan ribuan paket sembako. Ke depannya kami akan tetap terus bergerak karena pandemi ini masih jauh dari kata akhir dan dampak ekonominya akan terasa berbulan bulan. Saatnya anak muda turun berlomba-lomba memberikan kebaikan kepada masyarakat,” pungkas Ikhsan. [KAL]