Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua MPR Sumbang Sembako ke Para Jurnalis

Minggu, 17 Mei 2020 09:30 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) saat menyerahkan bantuan untuk para jurnalis, di Jakarta, Sabtu (16/5). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) saat menyerahkan bantuan untuk para jurnalis, di Jakarta, Sabtu (16/5). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan bantuan paket sembako kepada para jurnalis. Bantuan berupa ratusan paket sembako, ratusan dus mie instant, ratusan ekor ayam beku, 1 dus vitamin dan 2 dus hand sanitizer ini diberikan melalui Posko Peduli Jurnalis yang diterima langsung oleh Ketua Gerakan Peduli Jurnalis, Andy Arief. Ketua MPR hadir bersama Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. 

"Sama seperti dokter atau tenaga medis, wartawan merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar virus Covid-19. Sebab, di saat orang lain bisa bekerja dari rumah, wartawan harus tetap berkeliling dan bertemu banyak orang untuk dapat menyajikan berita yang akurat ke masyarakat. Namun, di sisi lain banyak kawan-kawan wartawan yang gajinya dipotong oleh perusahaan tempatnya bekerja karena terdampak pandemi Covid-19," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bamsoet, usai menyerahkan bantuan di Jakarta, Sabtu (16/5).

Baca juga : Jenny Rachman Sebar Ribuan Sembako Untuk Warga Miskin

Mantan Ketua DPR RI mengingatkan, para wartawan memiliki kewajiban untuk menyampaikan berita akurat terkait perkembangan pandemi Covid-19. Penyebaran segala informasi hoaks harus dihentikan. 

"Saat ini informasi mengenai Covid-19 menjadi informasi yang sensitif dan rawan menyulut kepanikan di masyarakat. Karenya, segala bentuk penyebaran berita hoaks sangat tidak dibenarkan. Menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menangkal serta tidak menyebarkan berita hoaks," tegas Bamsoet.

Baca juga : Ketua MPR Bagikan Paket Sembako untuk Pemulung

Mantan wartawan ini menyayangkan tren penyebaran berita hoaks yang terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga akhir bulan April 2020, berita hoaks terkait pandemi Covid-19 sudah lebih dari 600 berita.

"Penyebaran berita hoaks pandemi Covid-19 harus dihentikan. Aparat penegak hukum harus mengusut dan menindak tegas pelaku penyebaran berita hoax. Pemerintah pusat dan daerah juga harus lebih intens mengedukasi masyarakat mengenai informasi Covid-19 serta menjaga komunikasi publik yang komprehesif guna menangkal berita hoax yang terus beredar," pungkas Bamsoet. 

Baca juga : IKA SMANSA Bogor Bagi-bagi Paket Sembako Untuk Para Guru

Gerakan Peduli Jurnalis diiniasi oleh sejumlah wartawan hiburan, guna menghimpun bantuan untuk disalurkan kepada wartawan mandiri, khususnya yang meliput dunia hiburan. Bantuan datang dari berbagai kalangan, baik perorangan maupun perusahaan. Nama-nama yang telah memberikan bantuan antara lain mantan Menteri Agraria dan Kepala Badan Pertahanan Nasional Ferry Musyidan Baldan, Pengamat Musik Bens Leo, artis penyanyi Nia Daniati, Lola Amaria, Kowani, dan banyak lagi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.