Dark/Light Mode

Pengendara dan Penumpang Travel Gelap Dievakuasi ke Terminal Pulo Gebang

Kamis, 21 Mei 2020 21:57 WIB
Pengendara dan Penumpang Travel Gelap Dievakuasi ke Terminal Pulo Gebang

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur untuk mengevakuasi pengendara dan penumpang kendaraan pariwisata (travel) gelap.

"Untuk mekanismenya, penumpang kami kembalikan ke Pulo Gebang. Kami sudah menyiapkan kurang lebih 200 kendaraan berstiker dan siap beroperasi," ujar Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Ahmad Yani, di Jakarta, Kamis (21/5).

Baca juga : Kepala BP2MI Nyatakan Perang Terhadap Sindikasi Pengiriman PMI Ilegal

Tidak semua terminal dibuka untuk mengangkut penumpang. Hanya Terminal Pulo Gebang yang diizinkan beroperasi. Sesampainya di Terminal Pulo Gebang, penumpang wajib memenuhi protokol kesehatan dan persyaratan sesuai aturan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

"Harus ada surat bebas Covid-19, surat tugas. Kalau tidak ada, teman-teman di terminal tidak bisa kasih tiket," tutur Ahmad Yani.

Baca juga : Nggak Ada Jarak, Netizen Ngeri Lihat Antrean Penumpang Di Terminal 2 Bandara Soetta

Selanjutnya, kendaraan mudik akan ditahan sementara di Satpas SIM Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat hingga Lebaran usai, atau masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selesai.

Sedikitnya 95 kendaraan pariwisata (travel) gelap ditangkap, karena diduga berupaya menyelundupkan pemudik keluar dari Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) di tengah pelarangan mudik, untuk menghentikan penyebaran Covif-19.

Baca juga : Meski Sepi Penumpang, KAI Tetap Operasikan Kereta Luar Biasa

Petugas pun meminta seluruh penumpang dan pengemudinya untuk turun, dan dilakukan pendataan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.