Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

The New Normal Akan Dihidupkan

Jokowi Ketar-ketir Ada Corona Kloter II

Kamis, 28 Mei 2020 05:54 WIB
Presiden Jokowi (tengah) saat meninjau Summarecon Mall Bekasi untuk kesiapan New Normal didampingi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) dan Kapolri Idham Azis, Selasa (26/5). (Foto: Jokowi)
Presiden Jokowi (tengah) saat meninjau Summarecon Mall Bekasi untuk kesiapan New Normal didampingi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) dan Kapolri Idham Azis, Selasa (26/5). (Foto: Jokowi)

 Sebelumnya 
Usai rapat, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan, Presiden memerintahkan pihaknya melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemprov, Pemkab, dan Pemkot dalam rangka pelonggaran atau pemberian kesempatan kepada daerah-daerah untuk membuka sektor-sektor tertentu secara bertahap. Pertimbangannya, perkembangan kasus di seluruh daerah. Jika suatu daerah mengalami kenaikan kasus saat pelonggaran PSBB berlaku, pemerintah tidak akan melanjutkan pelonggaran di daerah itu.

"Ini sangat ditentukan oleh perkembangan yang terjadi di seluruh daerah," ujar Doni dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di YouTube Setpres, kemarin.

Baca juga : Presiden Jokowi Blusukan Ke Stasiun MRT Bundaran HI

Doni menegaskan, pemerintah tidak akan memaksakan suatu kebijakan. Dalam membuat kebijakan, Presiden Jokowi selalu mengutamakan keselamatan rakyat. "Jadi pemerintah, Bapak Presiden, sangat berikan prioritas terhadap keselamatan masyarakat," imbuhnya.

Soal gelombang corona tahap II, Doni menyatakan, pemerintah telah berupaya mengendalikan arus balik warga dari kampung halaman ke Jakarta. Salah satunya dengan menerapkan sejumlah syarat bagi warga yang akan kembali, seperti menyertakan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jabodetabek dan hasil uji tes corona.

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan Pedoman Kesehatan Covid-19

Dengan upaya tersebut, Doni meyakini gelombang kedua tak akan terjadi dan jumlah kasus positif akan semakin turun. "Tentang arus balik sudah dilaporkan upaya pengendalian arus balik agar kota-kota tertentu khususnya Jabodetabek tidak menimbulkan gelombang kedua," tegasnya.

Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati setuju dengan langkah pemerintah menerjunkan 340 ribu personil TNI/Polri dalam mempersiapkan pelaksanaan new normal. Menurut Nuning, sapaan Susaningtyas, hal tersebut sangat dibutuhkan dalam mengawal prosedur tatanan hidup normal baru yang akan diterapkan dalam masyarakat.

Baca juga : Sambut The New Normal, Taspen Siapkan Protokol Covid-19

“Kita hendaknya tidak mendikotomikan perlu tidaknya peran TNI Polri dalam penerapan new normal. Ketertiban masyarakat adalah kunci keberhasilan penanganan Covid-19. Sebagaimana kita ketahui warga masyarakat masih banyak yang tidak paham protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Kementerian Kesehatan, bahkan ada juga yang sudah paham tapi malas dan tidak disiplin melaksanakannya. Hal inilah menjadi sebuah keniscayaan TNI Polri dilibatkan untuk menjaga ketertiban umum dan kedisiplinan mandiri anggota masyarakat,” jelasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.