Dark/Light Mode

Mahfud dan Tito Cek Kesiapan Pilkada Serentak di Atambua, NTT

Kamis, 18 Juni 2020 20:46 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kedua kiri) di sela kunjungan kerja di Atambua, NTT, Kamis (18/6). (Foto: Humas Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kedua kiri) di sela kunjungan kerja di Atambua, NTT, Kamis (18/6). (Foto: Humas Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kunjungan kerjanya ke kawasan perbatasan di Atambua, Nusa Tenggara Timur, Kamis (18/6), Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan kesiapan Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang. 

Mahfud meminta, Pilkada serentak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilakukan sesuai tahapan yang ditentukan.

Baca juga : Hadapi New Normal, Preskom Dan Dirut PTPP Cek Kesiapan Park Hotel

"Kesiapan Pilkada serentak, tahapannya harus berjalan sesuai jadwal," imbau Mahfud MD, di halaman Kantor Bupati Belu, NTT, Kamis (18/6).

Pilkada, diharapkan Mahfud mampu melahirkan pemimpin yang baik. "Pemilu itu merupakan wujud nyata dari asas, sistem dan mekanisme demokrasi. Bahwa pemerintahan itu ditentukan oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat," ujarnya.

Baca juga : Tito Cs Ikutan Sibuk Siapkan DP4 Pilkada

Tujuan bernegara, lanjut Menko Polhukam, adalah menjaga integritas teritori dan ideologi, mencerdaskan kehidupan bangsa dan kesejahteraan umum.

Sedangkan terkait pelaksanaan Pilkada Serentak di masa pandemi Covid-19, Tito mejelaskan, pelaksanaan Pilkada telah diatur di PKPU.  "Sesuai protokol kesehatan. Tidak boleh ada kampanye akbar," imbau Tito yang juga mantan Kapolri ini. 

Baca juga : Pemaksaan Pilkada Serentak Adalah Pemerkosaan Politik

Di daerah yang jaringan sistem komunikasinya baik, menurut Tito, semua tahapan didorong dilakukan dengan virtual. Sedangkan di daerah yang jaringan atau sistem komunikasi kurang baik, tetap dilakukan secara langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Nae Soi siap mengawal Pilkada Serentak, agar Pilkada di NTT berjalan tertib dan aman. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.