Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Prihatin Kasusnya Terus Melonjak

Menkes Turun Langsung Tangani Corona Di Jatim

Kamis, 25 Juni 2020 09:32 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kemeja putih). (Foto: Kemenkes RI)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kemeja putih). (Foto: Kemenkes RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto akan turun tangan langsung untuk mengurai kasus positif Covid-19 di Jawa Timur (Jatim) yang terus melonjak.

Langkah yang akan dilakukan antara lain mengevaluasi penerapan protokol kesehatan di Jatim. “Saya akan mengurai apa pokok persoalannya. Kalau masalahnya karena protokol kesehatan, ya protokol kesehatannya harus terus didisiplin kan supaya bisa mengurangi angka tertular,” kata Terawan saat meninjau Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Jatim, kemarin.

Dia menuturkan, protokol kesehatan adalah hal yang penting. Hal itu harus bisa menjadi bagian dari budaya masyarakat dalam menjalani setiap aktivitas baik di lingkungan tempat tinggal, lingkungan bekerja, dan rumah sakit.

Baca juga : Warga DKI Seperti Disuruh Tarung Sendiri Lawan Corona

Sementara, tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengungkapkan data kabupaten/kota dengan jumlah kasus positif virus corona tertinggi dan jumlah kematian tertinggi di Indonesia.

“Data ini diharapkan berguna untuk mengetahui laju penularan di suatu wilayah dengan penghitungan berdasarkan angka per 100 ribu penduduk. Dari sini kita bisa melihat kota mana dengan jumlah penduduk apakah kasus tersebut tinggi di daerahnya,” ujar Dewi.

Dia memaparkan, peringkat teratas wilayah dengan kasus tertinggi kasus positif corona adalah Kota Jakarta Pusat dengan jumlah 149,2 per 100 ribu penduduk. Kemudian Kota Jayapura, Papua dengan jumlah 108 dan Kota Surabaya, Jawa Timur dengan jumlah 107,6 per 100 ribu penduduk.

Baca juga : Jusuf Kalla Nilai Jatim Berpotensi Salip Jakarta

Untuk kabupaten/kota dengan insiden kasus corona terendah, lanjut Dewi, yakni Tegal menjadi kota dengan insiden kasus terendah yakni 0,06 per 100 ribu penduduk.

Sementara untuk angka kematian, Surabaya menjadi kota yang memiliki angka kematian terbanyak berdasarkan jumlah per 100 ribu penduduk yakni 9,8. Disusul Banjarmasin 9,4 dan Manado 8,02 per 100 ribu penduduk.

“Ini menjadi PR kita bersama dan tugas kita juga untuk monitoring bersama agar dapat bergerak menuju perbaikan untuk daerah yang memiliki laju penularan tinggi,” jelasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.