Dark/Light Mode

Evaluasi Sarana dan Prasarana Arus Mudik dan Balik Idul Fitri 1441 H

Kebijakan Pengendalian Transportasi Dijempolin Komisi V DPR

Rabu, 1 Juli 2020 20:47 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dalam rapat dengan Komisi V DPR, Rabu (1/7). (Foto: Rizky Syahputra)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) dalam rapat dengan Komisi V DPR, Rabu (1/7). (Foto: Rizky Syahputra)

 Sebelumnya 
Jumlah arus kendaraan keluar/masuk Jabodetabek pada H-7 sampai H+7 juga mengalami penurunan signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Tercatat, arus kendaraan yang keluar Jabodetabek via jalan tol, hanya berjumlah 552.759 kendaraan. Turun 66 persen. Sementara yang masuk Jabodetabek via jalan tol, tercatat 438.688 kendaraan atau turun 70 persen.

Baca juga : Menteri BKS Pengen Moda Transportasi Umum Survive

Arus kendaraan yang keluar Jabodetabek via jalan arteri, hanya berjumlah 428.380 kendaraan atau turun 66,3 persen. Sedangkan arus kendaraan yang masuk ke Jabodetabek via jalan arteri, berjumlah 206.064 kendaraan atau turun 74,6 persen.

Secara garis besar, kebijakan pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan Covid-19 yang dilakukan Kemenhub terdiri dari tiga periode.

Baca juga : Larangan Mudik Berakhir, Tapi Pengendalian Transportasi Tetap Ada

Periode ke-1 (1-23 April 2020) sebelum ada larangan mudik, Periode ke-2 (24 April – 6 Mei 2020) saat pemberlakukan larangan mudik (Permenhub No. 25/2020), dan Periode ke-3 (7 Mei – 7 Juni 2020) setelah pemberlakuan perjalanan orang dengan pengecualian (sesuai SE Gugus Tugas No. 4/2020 dan 5/2020).

Dalam melaksanakan tugas pengendalian transportasi, Kemenhub berkoordinasi intensif dengan stakeholder lainnya seperti Gugus Tugas Percepatan dan Penangana Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, TNI/POLRI, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga : Kebijakan Pengendalian Transportasi di Tengah Pandemi Covid-19

Rapat kerja dipimpin oleh Ketua Komisi V DPR Lasarus dan dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi V DPR Ridwan Bae, Wakil Ketua Komisi V DPR Nurhayati, Sekretaris Jenderal Perhubungan Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) Polana B. Pramesti, dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sugihardjo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.