Dark/Light Mode

Gandeng IMI, KNKT Tingkatin Keselamatan Transportasi

Selasa, 28 Juli 2020 15:30 WIB
Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono (kanan) bersama Ketua IMI Sadikin Aksa (kiri). (Foto: ist)
Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono (kanan) bersama Ketua IMI Sadikin Aksa (kiri). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) untuk kegiatan bimbingan teknis dan kampanye keselamatan berkendara. Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan keselamatan bertransportasi.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono mengatakan, tidak menutup pintu bagi siapa saja yang dapat memberikan masukan positif demi mencegah terjadinya kecelakaan. "Kami akui belum memiliki ahli khususnya di bidang sepeda motor, sementara tingkat kecelakaan masih cukup tinggi," ujarnya dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Selasa (28/7).

Baca juga : Gandeng UNICEF, Wings Group Bantu Akses Air dan Sanitasi Bersih

Menurutnya, KNKT membutuhkan banyak masukan dari ahli yang kompeten dan berpengalaman. "IMI mendukung KNKT bersama-sama menurunkan jumlah kecelakaan pada sepeda motor dengan memiliki ahli yang akan memberikan rekomendasi yang tepat," katanya. 

Soerjanto mengungkapkan, salah satu yang menjadi masukan adalah penggunaan motor matic di daerah pegunungan. Dari hasil investigasi di beberapa daerah pegunungan seperti Ijen dan gunung di Bogor, motor matic itu mudah menanjak di ketinggian tapi ketika turun justru sangat berbahaya.

Baca juga : Gandeng RNI, KAI Sediakan Rapid Tes Di Stasiun KA

Ketua IMI Sadikin Aksa mengapresiasi atas dilibatkannya di KNKT untuk memberikan masukan dan saran terkait keselamatan berkendara. "Kami juga terus berkampanye tentang keselamatan road safety untuk mengurangi tingkat kecelakaan," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.