Dark/Light Mode

Ini Dia Panglima Bansos Kemensos

Rabu, 29 Juli 2020 07:52 WIB
Menteri Sosial Juliari Batubara turun langsung mendistribusikan bantuan sosial sembako Presiden di lima titik di Jakarta. (Foto: Kemensos)
Menteri Sosial Juliari Batubara turun langsung mendistribusikan bantuan sosial sembako Presiden di lima titik di Jakarta. (Foto: Kemensos)

 Sebelumnya 
Sebagai orang nomor satu di tubuh Kemensos, Ia selalu mewantiwanti jajarannya agar jangan sampai ada yang susah hidup atau kelaparan. Kementeriannya sigap menyiapkan tempat penampungan anakanak jalanan, gelandangan dan pengemis, serta orang-orang yang susah dapat makan, mudah kehilangan tempat tinggal bahkan kehilangan pekerjaan sebagai upaya melindungi dan menjaga masyrakat Indonesia sesuai amanat konstitusi.

“Apa yang kita tanam, itulah yang kita tuai” filosofis melegenda ini, patut di sematkan kepada Mensos Juliari P Batubara. Atas kerja optimalnya, sampai detik ini tidak ada berita atau kasus masyarakat Indonesia susah makan akibat dampak dari pandemi Covid-19. Bukan begitu?

Tak ayal, semua lembaga survei yang melakukan riset terhadap kinerja pemerintah mengamini sebagai kinerja positif. Seperti halnya hasil survei Charta Politika Indonesia yang menunjukkan Mensos Juliari P Batubara masuk sebagai menteri terbaik Jokowi keempat (4.3%) yang paling sering terlihat atau terdengar dalam masa pandemi Covid-19 karena program pengentasan kemiskinan yang digelontorkan Kemensos tepat sasaran dan memberi dampak positif bagi masyarakat.

Baca juga : Rapid Test Jangan Membebani

Sementara Kementerian Sosial bersama Juliari P Batubara dinilai sebagai lembaga terbaik ketiga (17.2%) yang paling sigap dan tanggap bertemu Covid-19 melalui Bansos yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemi.

Di sisi lain, menurut Lembaga survei Alvara Research, tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyaluran bantuan sosial cukup tinggi, yakni 56,2 persen yang melibatkan 1.225 responden dari seluruh provinsi di Indonesia. Ini juga sejalan dengan hasil survei terbaru Cyrus Network tentang opini publik terkait pandemi Covid-19 di Indonesia. Dalam laporan survei terakhirnya menyatakan bahwa bantuan tunai dan bantuan sosial selama lima bulan terakhir mendapatkan apresiasi oleh masyarakat.

Lebih jauh menurut Cyrus Network bahwa bantuan-bantuan yang diberikan oleh pemerintah, baik pemerintah pu sat maupun daerah diketahui oleh 80 persen responden. Bentuk bantuan sosial yang responden ketahui paling banyak adalah bantuan tunai 78,6 persen dan bantuan sembako 67 persen. Fakta ini menjadi potret positif atas kinerja pemerintah yang telah mampu mengorganisasikan pembagian bantuan tunai maupun sembako secara baik.

Baca juga : Komunitas Pesepeda Wanita di Aceh Banjir Kecaman

Kita patut bersyukur, negeri ini me miliki sosok tahan banting di segala medan, berjibaku dengan penyaluran bansos, bekerja hanya untuk masya rakat yang sedang menghadapi masalah di situasi krisis, seperti Mensos Juliari P Batubara. Tentu tidak berlebi han jika kita menjulukinya sebagai “Panglima Bansos Kemensos”  karena semua strategi jitu tehadap kelancaran penyaluran bansos ada di tangannya.

Segala upaya ia ditempuh dengan tetap mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik, bahkan Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Achsanul Qosasi memuji Kemensos sebagai cermin layanan publik dengan anggarannya yang besar sudah empat kali berturut-turut Kemensos mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Sungguh luar biasa! Kami menyambut baik dan ikut berterima kasih atas capaian yang sudah diraih oleh Kemensos di bawah kepemimpinan Mensos Juliari P Batubara, dengan begitu Kemensos sebagai kepanjangtanganan dari negara tidak pernah alpa (absen) di tengah masyarakat.

Baca juga : Bamusi Bagikan Ribuan Paket Bansos Kemensos untuk Warga Terdampak Covid-19

Oleh: Khairul Anam Ketua Milenial Muslim Bersatu

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.