Dark/Light Mode

Kasetpres: Pelantikan Gubernur Kepri di Istana Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Sabtu, 1 Agustus 2020 16:08 WIB
Prosesi pelantikan Gubernur Kepri, Isdianto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7). (Foto: Setkab)
Prosesi pelantikan Gubernur Kepri, Isdianto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/7). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan, pelantikan Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) sisa masa jabatan 2016-2021 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta pada Senin (27/7) lalu, dilangsungkan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal ini disampaikan Heru, menyusul kabar soal Isdianto yang dipastikan positif Covid-19 pada Jumat (31/7).

 "Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan ketat dalam pelantikan tersebut. Kami sudah melakukan swab test terhadap Gubernur Kepri, keluarga dan pejabat yang hadir," kata Heru di Jakarta, Sabtu (1/8).

Baca juga : Menko PMK: Memaknai Idul Adha Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Isdianto menjalani swab test atau tes PCR setelah dua pengawal pribadinya dinyatakan positif Covid-19. Salah seorang pengawal pribadinya, bahkan sempat demam saat berada di Jakarta. Namun, ia tidak masuk ke istana. Makanya ia tidak ikut dites usap saat di Jakarta.

Selama prosesi pelantikan, Sekretariat Presiden juga meminimalkan kontak langsung antara Presiden Jokowi dan Gubernur Kepri.

"Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keputusan Presiden. Itu sudah disiapkan di satu meja. Tidak jauh dari berdirinya Gubernur Kepri. Berkasnya diambil sendiri oleh Gubernur Kepri," terangnya.

Baca juga : Dirlantas Tinjau Stasiun Juanda

Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan dengan ketat di lingkungan Istana Kepresidenan selama prosesi pelantikan berlangsung. Masker wajib dipakai. Jaga jarak pun dioptimalkan.

 "Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat. Hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," ujarnya.

Isdianto dilantik sebagai Gubernur Kepri berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 71/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan Tahun 2016-2021. 

Baca juga : Kunjungi Bali, Bamsoet Ingatkan Pemulihkan Pariwisata Harus Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Saat pelantikan Senin (27/7), Presiden Jokowi, Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian serta Isdianto yang masing-masing memakai masker sempat kirab sederhana. Menuju Istana Negara bersama dengan Paspampres. Namun, tetap dengan protokol jaga jarak satu sama lain.

Usai mengucapkan sumpah, Isdianto foto bersama dan menerima ucapan selamat dari Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin dengan tetap menjaga jarak dan memakai masker. [FAQ]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.