Dark/Light Mode

Terawan Di Istana Negara

Urusannya Banyak Bicaranya 1 Menit

Kamis, 6 Agustus 2020 07:00 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat mengikuti Rapat Terbatas di Istana Jakarta, Rabu (5/8). (Foto: Sekretariat Kabinet)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat mengikuti Rapat Terbatas di Istana Jakarta, Rabu (5/8). (Foto: Sekretariat Kabinet)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski kinerjanya dalam penanganan corona (Covid-19) jadi sorotan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, masih dipercaya Presiden Jokowi. Eks Kepala RSPAD ini disuruh beresin kasus lain yang juga jadi masalah besar bangsa, yaitu stunting. Apa ini kode Terawan bebas dari reshuffle?Atau malah sebaliknya?

Penurunan kasus stunting atau kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi ini sebetulnya sudah menjadi program wajib pemerintah. Payung hukumnya juga sudah ada, Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) no. 29 Tahun 2019. Namun, akibat corona, program ini jadi kurang terdengar.

Baca juga : Abdi Negara Harusnya Siap Ditempatkan di Mana Saja

Sejumlah pihak juga sempat khawatir, anggaran program cegah stunting di APBN maupun APBD direalokasikan ke penanganan Covid-19.

Namun, dalam Rapat Terbatas (Ratas) mengenai percepatan penurunan stunting kemarin, Jokowi memberikan komando agar program ini diteruskan. Meskipun negara tengah berjuang mengendalikan corona. “Urusan penurunan stunting yang sudah menjadi program kita, harus terus dipercepat,” perintah Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Perankan Peri Hutan, Tanayu Dapat Pelajaran Spiritual

Kepala negara bahkan memberi target, agar di 2024 angka stunting turun menjadi 14 persen dari 27,6 persen. “Sesuai yang saya sampaikan, saya berikan kepada Menteri Kesehatan,” pesannya.

Ada 10 provinsi yang menjadi fokus dari program tersebut: Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah. Usai Ratas,

Baca juga : Tamar Braxton Buka Suara Soal Penyakit Mental

Menkes Terawan yang didampingi Menteri Sosial, Juliari Batubara, memberikan keterangan pers. Terawan tidak bicara panjang, cuma 1 menit. Pertama, ia menyampaikan, target penurunan stunting yang diberikan Jokowi. Lalu, mengulang saran Presiden, agar program ini difokuskan di 10 provinsi. “Kita berupaya untuk mensukseskan program stunting demi Indonesia maju di kemudian hari,” kata Terawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.