Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Selamatkan Lagu dan Musik Lawas

Kemendikbud Dukung Digitalisasi Musik

Kamis, 6 Agustus 2020 23:29 WIB
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid.
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru bekerja sama dengan Irama Nusantara menyelenggarakan kegiatan Digitalisasi Musik.

Langkah digitalisasi ini dirasa efektif dalam menyelamatkan lagu dan musik yang pernah terekam di masa lalu. Dalam proses digitalisasi, musik didokumentasikan dengan rapi mulai judul, penyanyi, pencipta, tahun, label produksi serta data lain yang dirasa penting.

Baca juga : Minta Masukan Program Organisasi Penggerak, Kemendikbud Sambangi KPK

Program ini adalah salah satu kegiatan Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan Undang-Undang No. 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan mengamanatkan terbentuknya sistem pendataan kebudayaan terpadu, salah satunya melalui manajemen asset digital yang berisi data tentang objek pemajuan kebudayaan (OPK).

Baca juga : Seruan Lawan Covid Akan Digemakan 5 Kali Sehari Dari Masjid

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menilai, langkah digitalisasi ini dirasa efektif dalam menyelamatkan lagu dan musik, yang pernah terekam atau dirilis di masa lalu. Sebab, menurut Hilmar, pendataan musik diperlukan untuk mendukung upaya pemahaman serta pelestarian musik sebagai bagian dari warisan budaya bangsa.

Database yang terbangun diharapkan dapat menjadi rujukan informasi dan sumber pengetahuan bagi seluruh pecinta musik dan masyarakat. Pada tahun ini target digitalisasi musik sekitar 1000 rilis.

Baca juga : Pemprov DKI Diminta Diskon Biaya Pajak

Irama Nusantara telah berhasil melakukan digitalisasi 4065 rilisan atau sebanding dengan 40.000 lagu dari rentang era 1920-an hingga 1990-an serta hasil dari pengarsipan digital tersebut telah diunggah pada situs resmi Irama Nusantara iramanusantara.org dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.