Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Resmi, Ridwan Kamil Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19

Senin, 10 Agustus 2020 19:59 WIB
Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil alias Kang Emil (tengah). [Foto: Rizal/Humas Jabar]
Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil alias Kang Emil (tengah). [Foto: Rizal/Humas Jabar]

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Mochamad Ridwan Kamil atau Kang Emil menyatakan, dia telah resmi mendaftarkan diri menjadi relawan untuk uji coba klinis tahap tiga vaksin COVID-19 dari Sinovac, China.

"Saya sudah mendaftar. Didaftarkan oleh tim kesehatan saya secara online. Kwitansi online-nya sudah ada, nanti saya posting juga bahwa mendaftarnya sudah. Diterimanya masih belum. Karena menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain-lain, bahwa saya layak dan siap jadi relawan," kata Kang Emil, di Bandung, Senin (10/8).

Baca juga : Pak Terawan Gak Ikutan?

Pengujian klinis tahap tiga vaksin tersebut membutuhkan 1.600 orang relawan yang berdomisili di kawasan Bandung Raya. Kang Emil berharap, segala sesuatunya bisa berjalan lancar. Dengan dia mendaftarkan diri sebagai relawan, guna memastikan, pemimpin ikut terlibat dalam pengujian vaksin secara langsung. Sehingga rakyat pun tergerak jadi relawan.

"Mudah-mudahan lancar. Saya laksanakan sesuai prosedur. Tidak ada keistimewaan. Klaupun tidak, saya permaklumkan. Mungkin ada faktor faktor kesehatan yang diperhatikan. Kalau pemimpinnya ikut, rakyat juga yakin, semuanya berproses secara ilmiah," kata dia.

Baca juga : Hari Ini, Bio Farma Mulai Uji Klinis Tahap Ketiga Vaksin Covid-19

“Sehingga tidak ada istilah rakyat dikorbankan. Pemimpinnya saja enggak yakin, masa rakyatnya harus ikutan. Gubernurnya juga ikutan dalam proses ini," lanjut Kang Emil.

Ia mengatakan, masyarakat harus percaya kepada lembaga yang kredibel. Yaitu Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Jabar yang dia ketuai. "Jangan terlalu terbawa diskusi yang kurang produktif. Pemerintah memberikan yang terbaik kepada masyarakat, melalui proses yang kita tunggu-tunggu, yaitu vaksin," kata Kang Emil lagi. (ASI)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.