Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Halalbihalal Virtual

Ridwan Kamil : Kita Jadi Paham Teknologi Dan Lebih Hemat Biaya

Minggu, 24 Mei 2020 22:13 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Istri, Atalia Praratya Kamil melakukan halalbihalal secara daring di rumah dinasnya di Kota Bandung. (Dok : Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Istri, Atalia Praratya Kamil melakukan halalbihalal secara daring di rumah dinasnya di Kota Bandung. (Dok : Humas Pemprov Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Indonesia merasakan perayaan hari raya Idul Fitri 1441 H berbeda dari tahun sebelumnya imbas pandemi Covid-19.

Momentum open house/halalbihalal bagi umat muslim dengan mengunjungi sanak famili dan kerabat, tak lagi bisa dilakukan karena adanya Penerapan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kondisi ini juga dirasakan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Kang Emil, Sapaan akrab Gubernur Jabar, mengadakan gelar griya atau open house secara daring dari rumah dinasnya di Kota Bandung, Minggu (24/5/20).

Baca juga : Dubes Inggris dan Norwegia Untuk RI Puji Kinerja KLHK Saat Lebaran

Dalam silahturahmi secara daring tersebut, Kang Emil, menyapa tokoh masyarakat lintas agama, kepada desa, relawan, dan petugas keamanan di check point tol Cikopo dan Cileunyi.

“Biasanya kami menyelenggarakan open house, tapi ini pertama kalinya dalam sejarah, kami melakukan open house digital atau halalbihalal dengan bentuk video conference yang penting pesannya sampai ke hati,” katanya. 

Menurut Kang Emil, perayaan hari raya Idulfitri tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19. Umat Islam mesti beradaptasi dan menunda tradisi-tradisi di hari kemenangan.

Baca juga : Jokowi Ajak Berdoa dan Kerja Keras Hadapi Pelambatan Ekonomi Dunia

“Secara fisik kita tidak bisa bersentuhan dan bertemu, tapi dibalik musibah selalu ada hikmah, di antaranya kita jadi lebih paham dengan teknologi dan hemat biaya juga,” kata Gubernur Jabar.

Dikatakan, halalbihalal virtual memperlihatkan bahwa warga Jabar tidak menyerah oleh pandemi Covid-19, karena masih dapat bersilahturahmi dan merayakan hari kemenangan di rumah dengan berbagai cara.

"Tentu ini menunjukan kita tidak menyerah oleh Covid-19. Kita cari cara baru supaya kehidupan bisa normal lagi, tapi dengan gaya baru," kata Kang Emil. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.