Dark/Light Mode

Subsidi Gaji Cair, Jokowi Ngarep Konsumsi Naik

Kamis, 27 Agustus 2020 12:10 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi hari ini resmi meluncurkan subsidi gaji Rp 600 ribu per bulan kepada 15,7 juta pekerja yang gajinya di bawah Rp 5 Juta.

Peluncuran dilakukan dari Istana Negara, Jakarta. Turut hadir pada peluncuran itu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Baca juga : Industri Digital Bisa Wujudkan Harapan Jokowi Bangkitkan Ekonomi

Jokowi mengatakan, pada tahap awal ada 2,5 juta pekerja yang menerima subsidi gaji. Kemudian akan dilakukan penyaluran bertahap kepada para pekerja formal lainnya hingga mencapai 15,7 juta pekerja. Tahapan penyaluran bantuan akan dilakukan hingga akhir September 2020.

Subsidi gaji akan dilakukan itu akan ditransfer setiap dua bulan selama empat bulan. Sehingga pada tahap pertama ini, bantuan subsidi gaji yang disalurkan sebesar Rp1,2 juta. Sisa subsidi gaji akan disalurkan pada dua bulan berikutnya.

Baca juga : Sidang Tahunan MPR, Jokowi Bicara Reformasi Kesehatan

Salah satu kriteria pekerja yang mendapat subsidi gaji itu adalah para pekerja yang merupakan peserta aktif di BPJS Ketenagakejraan dan patuh membayar iuran. “Siapapun yang membayar iuran BPJS TK secara aktif sampai Juni 2020, rajin patuh ini yang diberikan,” ujar Jokowi.

Kepala Negara menjalaskan bantuan subsidi gaji ini merupakan rangkaian bantuan yang dikucurkan pemerintah kepada masyarakat untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi corona. Karena itu, dia berharap bantuan subsidi gaji ini dapat menggenjot konsumsi masyarakat. 

Baca juga : BP Jamsostek Slipi Tancap Gas Kumpulin Nomor Rekening

“Sekali lagi, konsumsi rumah tangga tidak terganggu, daya beli masyarakat meningkat, dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi negara kita kembali normal,” ujar Jokowi. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.