Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemilihan Wali Kota Medan

Golkar Usung Mantu Jokowi, Banteng Ngarep Kursi Wakil

Sabtu, 18 Juli 2020 07:59 WIB
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (Foto: ist)
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar kemungkinan besar akan mengusung Bobby Afif Nasution sebagai calon wali kota Medan pada Pilkada 2020. Sementara, PDIP inginkan kursi wakil wali kota jika menantu Presiden Jokowi itu menjadi calon wali kota Medan.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia memastikan partainya mengusung Bobby Nasution untuk Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Medan 2020. Tapi, aku Doli, beberapa partai masih mencari wakil untuk jadi pendamping Bobby.

“Ini lagi ada pembicaraan dengan partai lain. Dengan PDIP, Gerindra, kemudian dengan PPP,” kata Doli seperti dikutip dari Tempo.co, kemarin.

Doli mengaku, belakangan ini tengah berlangsung pembahasan mencari siapa paling tepat mendampingi Bobby.

Menurutnya, setiap partai memiliki calon, tapi pembahasan belum mengerucut. Minggu lalu, Golkar sudah menyerahkan SK rekomendasi kepada 158 pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2020.

Menurut Doli, 112 daerah sisanya masih tahap survei. Ini diperkirakan rampung 20 Juli. “Mungkin kami rapat pada 21-22 (Juli) sisa 112 termasuk Medan dan Solo itu,” kata Doly.

Baca juga : Apa Benar Jokowi Nggak Puas Dengan Kinerja OJK?

Sebelumnya, Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Bambang ‘Pacul’ Wuryanto tak menampik kemungkinan partainya mencalonkan Bobby Nasution. Jika seumpama mengusung Bobby, PDIP akan mengajukan kader sebagai calon wakil wali kota.

“Kalau pun Bobby diusulkan PDIP, maka untuk menjaga soliditas partai karena Mas Bobby bukan kader murni PDIP, wakil pasti kader PDIP,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Jakarta, belum lama ini.

Jamaluddin Klaim Tidak Keluar Duit

Pasangan calon Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing (JP) resmi mendapat rekomendasi dari Partai Nasdem untuk maju Pilkada 2020.

Dalam SK bernomor: 200/ SI/RP/DPP-Nasdem/VII/2020 itu, DPP Nasdem menyetujui Jamaluddin Pohan-Pantas Maruba Lumbantobing sebagai pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sibolga 2020.

DPP Nasdem memerintahkan Nasdem Kota Sibolga bersama-sama dengan pasangan JP melakukan komunikasi politik dengan parpol lain.

Baca juga : Pesan Jokowi ke Pemda: Tolong Jangan Paksakan New Normal

Atas kepercayaan partai besutan Surya Paloh itu, Jamaluddin mengucapkan banyak terima kasih. Hal itu akan jadi pelecut semangat dan pasangannya.

Jamaluddin mengatakan, adagium Nasdem tanpa mahar dan tanpa rekayasa betul adanya. Buktinya, dia mendapatkan rekomendasi tanpa harus keluar angkos atau biaya sesen pun.

“Alhamdulillah, Nasdem sudah mengeluarkan rekomendasi untuk kami, tanpa mengeluarkan satu rupiah pun,” ujarnya, kemarin

Menurutnya, rekomendasi Nasdem membuat pihaknya kian optimis menatap pilkada. Dia yakin, dengan kekuatan itu, kemenangan dapat diraih. “Kami optimistis akan memenangkan Pilkada Kota Sibolga. Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat Sibolga,” tandasnya.

Ketua DPD Partai Nasdem Sibolga, Delmeria Sikumbang menyampaikan, partainya akan berjuang memenangkan pasangan JP.

Nasdem sudah memberikan rekomendasi, artinya harus dipatuhi karena ini perintah partai dan tidak ada intervensi. Jika telah direkom partai, harus optimistis menang.

Baca juga : Pemilihan Wali Kota Solo, Kader PDIP Pengennya Gibran

“Nasdem tanpa mahar dan tanpa rekayasa. Nasdem telah memberikan rekomendasi kepada Jamal-Pantas. Kami optimistis pasangan ini menang di Pilkada Kota Sibolga,” ujarnya.

Sebelumnya, pasangan JP mendapat rekomendasi dari Gerindra (2 kursi) dan Demokrat (2 kursi). Dengan diperolehnya rekomendasi Nasdem (5 kursi), maka jumlah dukungan pasangan JP menjadi 9 kursi di DPRD Kota Sibolga.

Sementara, Bahdin Nur Tanjung mengklaim rekomendasi dari Golkar untuk Pilkada Sibolga su- dah jatuh kepada dirinya dan Edi Polo Sitanggang. “Alhamdulillah, Golkar memberi kepercayaan ke- pada kami, untuk maju di Pilkada Sibolga 2020. Kami optimistis menang,” ujarnya.

Menurutnya, pasangan Bahdin Nur Tanjung- Edi akan menyampaikan SK DPP Golkar ke DPD Golkar Sibolga, untuk berkoordinasi serta minta petunjuk kepada Ketua DPD Partai Golkar Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori.

“Untuk bisa memenangkan Pilkada Sibolga harus memiliki strategi. Hal itu akan kami koordinasikan dengan adinda Jamil Zeb Tumori selaku Ketua DPD Partai Golkar. Karena kami yakin Partai Golkar bersama partai pendukung lainnya serta elemen masyarakat Kota Sibolga dan simpatisan sepakat untuk memenangkan pasangan Bahdin Nur Tanjung- Edi pada Pilkada Kota Sibolga Desember 2020,” ungkapnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.