Dark/Light Mode

Indonesia Kudu Siap Kuasai Iptek

Prabowo: Virus Bisa Sengaja Diciptakan Hancurkan Negara

Minggu, 30 Agustus 2020 06:07 WIB
Menhan, Prabowo Subianto
Menhan, Prabowo Subianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengingatkan tentang bahaya virus bagi peradaban dunia. 

Menurutnya, ancaman bangsa ke depan bukan hanya perang dengan senjata terbarukan, tapi bisa juga datang dari virus yang disebar ke seluruh negeri di dunia.

Hal itu dikatakan Prabowo dalam upacara pembukaan Fakultas Universitas Pertahanan (Unhan) jenjang S1, S2, dan S3 yang disiarkan secara daring, kemarin. 

Menurutnya, pandemi Covid-19 menjadi penanda bahwa Indonesia harus siap menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), khususnya di bidang kedokteran dan farmasi. 

Baca juga : Sandiaga Berharap Prabowo Tingkatkan Produksi Pangan Nasional

“Perang yang akan datang bisa saja menggunakan senjatasenjata baru yang tidak pernah dibayangkan manusia. Virus bisa sengaja diciptakan untuk menghancurkan negara, merusak pangan, bahkan melumpuhkan tentara sebelum peluru meletus,” katanya. 

Untuk itu, kata Prabowo, keberadaan fakultas baru di Unhan bisa menjadi salah satu solusinya. 

Unhan harus mencetak anak bangsa yang benar-benar menguasai Iptek. Dengan modal itu, Indonesia akan menjadi negara besar dan sejahtera. 

Hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan Presiden Jokowi bahwa Indonesia maju perlu mencetak sumber daya manusia yang handal dan menguasai Iptek. 

Baca juga : Tito: Itu Bukan Uang Pribadi Menkeu, Tapi Uang Negara

“Tidak mungkin pembangunan suatu bangsa dilaksanakan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, ilmu pengetahuan adalah kunci dari kesejahteraan manusia. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kuncinya adalah sumber daya manusia,” katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Prabowo juga menyebut ada sekitar 300 mahasiswa yang diterima di Unhan dari puluhan ribu orang yang men daftar. Untuk mahasiswa terpilih, Prabowo berpesan tidak besar kepala. 

“Saya ucapkan selamat kepada para pemuda dan pemudi yang berhasil diseleksi. Dari sekian pulun ribu pemuda-pemudi terbaik, kalian dipilih. Artinya, kalian adalah pilihan dari pilihan. Jangan hal ini membuat kalian besar kepala, justru kalian harus merasa tanggung jawab yang lebih. Kalian adalah harapan bukan saja orang tuamu, kalian harapan seluruh bangsa,” jelas Prabowo. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, pandemi saat ini merupakan ujian bagi ketahanan nirmiliter sebuah negara, terutama di sektor kesehatan dan pangan. 

Baca juga : Prabowo Diingatkan Negara Lagi Tongpes

Menurutnya, pandemi Covid19 yang tengah dihadapi sekarang menyadarkan semua bahwa isu di bidang pertahanan itu tak hanya masalah alutsista, tetapi ketahanan militer, seperti kesehatan dan pangan adalah hal yang strategis.  [QAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.