Dark/Light Mode

Awas, Diare Tanda Awal Gejala Covid-19

Senin, 7 September 2020 17:30 WIB
Awas, Diare Tanda Awal Gejala Covid-19

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain demam dan batuk, sekarang diare salah satu tanda awal  terinfeksi wabah Virus Corona.  

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Erlang Samoedro mengatakan, beberapa waktu terakhir orang yang terinfeksi Virus Corona, salah satunya menunjukkan adanya gejala diare.

"Biasanya, gejalanya demam, batuk, pilek dan sekarang mulai ada gejala sakit perut atau diare," kata dia saat konferensi video di Graha BNPB yang dipantau di Jakarta, Senin (7/9).

Baca juga : 22 Petugas Pengawas Pilkada Boyolali Positif Covid-19

Ia mengatakan, orang-orang yang memiliki gejala tersebut apalagi memiliki riwayat perjalanan ke zona merah, maka disarankan segera melakukan tes usap guna memastikan kondisi kesehatan.

"Gejala seringan apapun, kita harus tetap ke layanan kesehatan supaya diperiksa," ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan saat ini kluster keluarga juga cukup memprihatinkan. Apalagi, dalam rumah tersebut terdapat, bayi, anak-anak dan orang lanjut usia yang rentan terpapar virus.

Baca juga : Suka Duka Kuliah Kerja Nyata di Tengah Pandemi Covid-19

Kluster keluarga tersebut, pada dasarnya terjadi karena adanya salah seorang atau beberapa anggota keluarga yang berpergian keluar rumah dan terpapar virus.

Saat kembali ke rumah, orang yang terpapar tadi tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti yang dianjurkan yakni mandi, mencuci pakaian yang baru saja dikenakan dan lainnya.

Akibatnya, terjadi transmisi virus kepada anggota keluarga yang lain. Kluster keluarga terjadi karena adanya relaksasi pembatasan sosial sehingga orang-orang bebas beraktivitas.

Baca juga : Angkasa Pura II Sukses Gairahkan Penerbangan Saat Covid-19

"Parahnya, terkadang dia tidak sadar telah terinfeksi dari lingkungan sekitar dan membawa virus ke rumah," ujar dia. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.