Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ada Waketum PBB dan Mantan Bos Metro TV

Hari Ini, Jokowi Lantik 20 Dubes Dengan Protokol Kesehatan

Senin, 14 September 2020 10:35 WIB
Ada Waketum PBB dan Mantan Bos Metro TV Hari Ini, Jokowi Lantik 20 Dubes Dengan Protokol Kesehatan

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi melantik 20 duta besar (dubes) yang akan ditempatkan di negara sahabat di Istana Negara, Jakarta.

Di antara nama-nama tersebut, ada Wakil Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono dan mantan Direktur Metro TV, Suryopratomo.

Dalam pelantikan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, 20 duta besar tampak mengenakan masker merah  dan face shield, serta menjaga jarak sesuai protokol kesehatan.

Baca juga : IPDN Siap Gembleng Cakada Pelanggar Protokol Kesehatan

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menko Polhukam Mahfud MD turut hadir dalam acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian, pihak protokol membacakan Surat Keputusan pelantikan dubes yaitu Keputusan presiden Republik Indonesia Nomor 91/P Tahun 2020 Tanggal 11 September 2020, Nomor 92/P dan 93/P Tahun 2020 Tanggal 14 sept 2020 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia.

Setelah itu, 20 dubes mengucap sumpah jabatan di depan Jokowi.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi duta besar luar biasa dan berkuasa penuh, akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditangguhkan kepada saya oleh jabatan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh," begitu petikan sumpah jabatan para dubes.

Baca juga : Pilkada di 270 Daerah, Kemendagri Pantau Sosialisasi PKPU Terapkan Protokol Kesehatan

Setelah mengucap sumpah jabatan, Jokowi memberikan selamat kepada para dubes. Tanpa bersentuhan, demi menjaga protokol kesehatan.

Inilah nama 20 nama dubes yang dilantik Jokowi pada hari ini:

1. Laurentius Amrih Jinangkung. Dubes LBBP RI untuk Tahta Suci Vatican, berkedudukan di Vatican

2. Hiidi Hamid. Dubes LBBP RI untuk Republik Azerbaijan, berkedudukan di Baku

Baca juga : Pesan Bamsoet di HUT 42 FKPPI: Jalankan Protokol Kesehatan Bagian Sikap Bela Negara

3. Mayjen TNI (Purn) Imam Edy Mulyono. Dubes LBBP RI untuk Republik Bolavarian Venezuela, merangkap Republik Trinidad & Tobago, Grenada, St. Lucia, Dominica (Commonwealth) dan St. Vincent & The Grenadies, berkedudukan di Caracas.

4. Mayerfas. Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Belanda merangkap OPCW, berkedudukan di Den Haag

5. Ridwan Hassan. Dubes LBBP RI untuk Qatar, berkedudukan di Doha

6. Ratu Silvy Gayatri. Dubes LBBP RI untuk Republik Finlandia merangkap Estonia, berkedudukan di Helsinki
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.