Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sedih, 78 Perawat Ikut Gugur KarenaTerpapar Covid-19

Rabu, 16 September 2020 06:22 WIB
Jenazah Korban Covid-19. (Republika/Rahmad)
Jenazah Korban Covid-19. (Republika/Rahmad)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain dokter, para perawat juga terus berguguran menjadi korban keganasan Covid-19. Setidaknya, sudah 78 lebih nyawa perawat direnggut oleh virus yang merebak sejak akhir tahun 2019 itu.

Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah mengatakan, perawat merupakan salah satu petugas medis yang ikut berjuang di garda terdepan bersama dokter, bidan, petugas laboratorium, radiografer dan petugas non-medis lainnya dalam melawan pandemi Covid-19.

Mereka bahu membahu menolong pasien Covid-19 meski kelelahan. “Dengan berat hati harus kita terima gugurnya rekan kami di garis depan relawan Covid-19,” kata Hanif saat menggelar “Doa Perawat untuk Negeri” yang digelar secara daring, kemarin.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Ketua Komite Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir, Tokoh Masyarakat K H Abdullah Gymnastiar juga Taufiq Ismail.

Baca juga : Terawan Beri Insentif Rp 82 Juta ke Dokter PPDS yang Bantu Tangani Covid-19

Acara tersebut diharapkan mampu menguatkan keluarga yang ditinggalkan. Serta memberikan dukungan semangat bagi tenaga kesehatan lainnya yang masih melayani pasien Covid-19.

“Semoga mereka masih tetap semangat melayani dan terhindar dari paparan Covid-19 yang bisa menyebabkan mereka tidak bisa lagi melayani lagi masyarakat,” ucap Harif.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan duka cita mendalam atas meninggal dunianya para perawat akibat terpapar Covid-19 saat bertugas.

Dia mengucapkan terima kasih kepada para perawat yang sudah bertugas dalam menangani pasien Covid-19.

Baca juga : Menkes: DKI Masih Mampu Rawat Pasien Covid-19

“Saya menyampaikan rasa duka cita mendalam atas gugurnya 78 perawat dalam melayani pasien dalam melawan Covid-19. Paling banyak pada wilayah Jawa Timur. Semoga jasanya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” kata Terawan dalam acara yang sama secara virtual, kemarin.

Selain 78 perawat yang meninggal dunia, selama pandemi Covid-19, tercatat 115 dokter di Indonesia meninggal dunia akibat terinfeksi penyakit ini. Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI), angka kematian dokter di Indonesia saat ini tercatat yang tertinggi di Asia.

Menteri Terawan berjanji, pemerintah bakal memberikan santunan kepada para perawat yang meninggal akibat Covid-19. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Terawan mengingatkan para perawat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan tugas.

Baca juga : Awas, Diare Tanda Awal Gejala Covid-19

Sebab, sudah banyak teman rekan sejawat tenaga kesehatan yang sakit dan meninggal karena terpapar saat menangani Covid-19. Ini bukti bahwa kerja ini berisiko tinggi bertaruh nyawa demi raga yang lain. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.