Dark/Light Mode

Terawan Beri Insentif Rp 82 Juta ke Dokter PPDS yang Bantu Tangani Covid-19

Selasa, 15 September 2020 20:27 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto (berkemeja putih) memberikan insentif secara simbolis ke 10 peserta PPDS, di Bandung, Selasa (15/9). (Foto: Foto. Kemenkes)
Menkes Terawan Agus Putranto (berkemeja putih) memberikan insentif secara simbolis ke 10 peserta PPDS, di Bandung, Selasa (15/9). (Foto: Foto. Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyerahkan bantuan insentif bagi 1.123 orang peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) yang bekerja selama pandemi Covid-19. Total bantuan yang diberikan dari Maret hingga Agustus 2020 sebesar Rp 82.362.500 per orang. 

Terawan memberikan insentif secara simbolis ke 10 peserta PPDS, di Bandung, Selasa (15/9). Dalam acara tersebut, Terawan yang juga melakukan kunjungan untuk mengecek kesiapan fasilitas kesehatan Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Baca juga : Aplikasi Teman Sehat, Berikan Keamanan dan kesehatan Dari Covid-19

PPDS diberikan sebagai bentuk penghargaan kepada para dokter yang berjuang di garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Sebelumnya, Terawan pernah mengatakan, pemberian insentif PPDS merupakan usulannya bersama Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof Abdul Kadir, yang ketika itu melihat beratnya menjadi PPDS. “Terus kita berpikir apa yang bisa kita berikan supaya adik-adik kita ini tidak terlalu berat menghadapi situasi begini,” ujarnya.

Terawan kemudian menyampaikan hal ini ke Presiden Jokowi. Presiden pun menyetujui. “Lalu saya berkirim surat ke Kementerian Keuangan. Jadi, program ini sebenarnya dari Bapak Presiden,” jelasnya.

Baca juga : Menristek Diminta Kebut Kembangin Vaksin Covid-19

Salah satu penerima insentif, dr. Irvan Firmansyah (Urologi) semester II, mengaku bersyukur atas pemberian ini. Dia mengucapkan terima kasih ke Presiden Jokowi dan Terawan. “Kami akan mempergunakan uang ini sebaik mungkin dan juga akan kami pergunakan untuk tetap bisa berjuang melawan Covid-19 ini,” katanya.

Hal senada dikatakan dr. Erda Avriyanti (Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin). Selain mengucapkan terima kasih ke Presiden dan Menkes, Erda juga sangat berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu. Irvan dan Erda berharap masyarakat tetap bisa menjaga protokol kesehatan demi menjaga penyebaran Covid-19.

Baca juga : Pasangan Ben-Ujang Apresiasi Semangat Dokter Lawan Covid-19

Berikut 10 penerima insentif PPDS FK Unpad:
dr. M Eka Putra (Orthopedi dan Traumatologi)
dr. Mochamad Sri Arya Heriawan (Ilmu Bedah Saraf)
dr. Eduardus Gilang Putra (Ilmu Bedah)
dr. Irfan Firmansyah (Urologi)
dr. Fathul Huda (Neurologi)
dr. Ari Irawan Romulya (Obstetri dan Ginekologi)
dr. Erda Avriyanti (Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin)
dr. Junan Imaniar Pribadi (Ilmu Kedokteran Nuklir)
dr. Deni Nugraha (Anestesiologi dan Terapi Intensif)
dr. Nanda Putri Ramadhani (Ilmu Penyakit Dalam). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.