Dark/Light Mode

1.531 Calon Praja Lolos Test Tahap II, IPDN Jamin Transparansi Seleksi

Minggu, 20 September 2020 13:13 WIB
Rapat Pleno SPCP hasil pengumuman tes Psikologi, Kejujuran dan Integritas, di Kampus IPDN, Jakarta (17/9). (Foto: Istimewa)
Rapat Pleno SPCP hasil pengumuman tes Psikologi, Kejujuran dan Integritas, di Kampus IPDN, Jakarta (17/9). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain Tim Psikologi SDM Mabes Polri, hadir mengikuti rapat pleno yakni pejabat Badan Kepegawaian Negara (BKN), perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ombusdman, Kemenpan-RB, Sekretariat Jenderal Kemendagri, Inspektorat Jenderal Kemendagri, BPSDM Kemendagri, serta Panitia SPCP IPDN.

Setelah dinyatakan lulus Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran, Hadi mengatakan para peserta akan melalui rangkaian tes terakhir yakni pemantauan akhir (Pantukhir), yang akan digelar pada 21-25 September 2020, di Polda asal provinsi pendaftaran masing-masing oleh Pusdokkes Mabes Polri atau Biddokkes Polda.

Baca juga : 3.022 Calon Praja IPDN Jalani Tes Kesehatan Tahap I

Test tersebut, menurut Hadi mengacu pada MoU antara Mendagri dengan Kapolri No. 119/4349/SJ dan No. NK/23/VII/2020). "Ada satu ahapan lagi yang akan dilalui oleh peserta yakni tes Pantukhir. Pada tes ini peserta akan melakukan serangkaian tes yang dimulai dengan Veriflkasi Faktual Dokumen Persyaratan Administrasi, Tes Kesehatan Tahap II, Tes Kesamaptaan dan Pemeriksaan Penampilan. Keseluruhan tes dilakukan secara transparan dan akuntable," jelas Hadi. 

Untuk Tes Kesehatan Tahap II materi yang diuji meliputi Tes Laboratorium, Tes Kesehatan Jiwa dan Pemeriksaan Kesehatan, sedangkan Tes Kesamaptaan dan Pemeriksaan Penampilan.

Baca juga : 3.022 Calon Praja IPDN Lolos Tahap Selanjutnya

Test di atas menurut Hadi meliputi, ujian kesamaptaan A lari 12 menit, ujian kesamaptaan B pull up/chinning up, sit up, push up, shuttle run, pengukuran tinggi dan berat badan, pemeriksaan tipe tubuh, pemeriksaan kelainan penampilan, pengambilan foto postur dan pengamatan langsung.

Untuk hasil tes ini akan diumumkan pada tanggal 28 September 2020, setelah pelaksanaan rapat pleno. "Semuanya dilakukan secara transparan, jadi semua masyarakat Indonesia dapat memantau," pungkas Hadi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.