Dark/Light Mode

Di Depan 1.500 Santri Ponpes Buntet Cirebon, Menteri Rini Sosialisasikan LinkAja

Kamis, 7 Maret 2019 16:08 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) mencoba kemudahan bertransaksi LinkAja di stand penjualan makanan dan minuman di lingkungan Ponpes Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (7/3).
Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) mencoba kemudahan bertransaksi LinkAja di stand penjualan makanan dan minuman di lingkungan Ponpes Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (7/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengunjungi Pondok Pesantren Buntet di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (7/3).

Dalam kunjungan kerjanya, Menteri Rini melakukan sosialisasi LinkAja di hadapan 1.500 santri. LinkAja merupakan sistem pembayaran elektronik terbaru, yang diluncurkan 8 entitas BUMN. Yakni, Bank Mandiri, BNI,  BRI, BTN, Pertamina, Jiwasraya, Telkomsel dan Danareksa.

Baca juga : Temui Menhan Korsel, Wiranto Bahas Proyek Jet Tempur Semi Siluman

LinkAja yang merupakan bentuk integrasi layanan pembayaran digital BUMN seperti T-cash milik Telkomsel, Yap! BNI, e-Cash Bank Mandiri dan T-bank dari Bank BRI, dipastikan akan membantu dan mempermudah transaksi nasabah.

"Kita bisa membuat sistem pembayaran Indonesia yang kita namakan LinkAja. Adik-adik, hari ini coba download LinkAja. Kalau punya telepon biasa, pakai sms. Kalau Android, lewat PlayStore. Ayo download," kata Menteri Rini di GOR Mbah Muqoyim Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat.

Baca juga : Bus Wonderful Indonesia Kembali Mejeng Di Berlin

Saat ini, sudah banyak restoran hingga pasar swalayan yang bisa menggunakan aplikasi LinkAja. LinkAja bakal menyediakan berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet) transaksi di merchant seperti Pertamina, pembayaran moda transportasi, hingga pembelian online.

Menteri Rini juga sempat mencoba kemudahan bertransaksi dengan menggunakan LinkAja di stand penjualan makanan, minuman dan beras.  "Ini apa? Mau dong satu. Saya bayar pakai LinkAja ya," ucap Menteri Rini yang kemudian membeli minuman Papa Aus.

Baca juga : Arcandra: Subsidi Energi Dialihkan untuk Belanja Fisik Produktif

Tak hanya beli minuman, Menteri Rini juga membeli satu karung beras, dengan menggunakan pembayaran LinkAja. Pada kesempatan yang sama, Menteri Rini juga mendorong agar para santri untuk bisa menjadi wirausaha, serta tetap menjaga lingkungan sekitar. 

Saat ini, sudah ada beberapa program BUMN yang memang untuk pesantren. Salah satunya, Program Usaha Santri yang diharapkan dapat membantu para santri, yang ingin membuka usaha ke depannya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.