Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Manggala Agni KLHK Sukses Jinakan Api Di Jawa Timur

Jumat, 25 September 2020 18:52 WIB
Brigdalkarhutla Manggala Agni bersama TNI, dan Polri sedang padamkan karhutla di daerah.
Brigdalkarhutla Manggala Agni bersama TNI, dan Polri sedang padamkan karhutla di daerah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla)  Manggala Agni bersama TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat berhasil memadamkan kobaran api di empat lokasi yang terbakar. 

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di beberapa lokasi di Jawa Timur, seperti Situbondo, Nganjuk, dan Madiun Kamis (24/9). 

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Basar Manullang mengungkapkan, beberapa hari ke belakang kebakaran terjadi di Provinsi Jawa Timur. Hal ini disebabkan karena curah hujan yang berkurang di Pulau Jawa. 

"Kebakaran kebanyakan terjadi di hutan jati yang dipicu oleh adanya aktivitas manusia dan ketersediaan bahan bakar yakni daun jati yang mengering," ungkap Basar.

Baca juga : Meski Pandemi Covid-19, KLHK Berhasil Jinakan Api Di Wilayah Rawan

Basar mengatakan, dalam kondisi kering seperti ini sedikit pemicu saja bisa menyebabkan karhutla. 

Ia pun mengharapkan semua pihak untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu timbulnya karhutla.

“Kami juga mengaktifkan patroli pencegahan pada wilayah-wilayah rawan bersama TNI, Polri, dan masyarakat,”  kata Basar.

Kebakaran di Kabupaten Situbondo terjadi di Petak 71f-1 dan 70e-1, RPH Petung, BKPH Petung, yang masuk wilayah administrasi pemerintahan Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. 

Baca juga : Sandi Diketawain Tifatul

Kebakaran berhasil dipadamkan petugas ketika patroli di wilayah rawan karhutla. Waktu kondisi api masih kecil api segera dipadamkan sehingga tidak menimbulkan kebakaran yang luas.

Lalu, di Kabupaten Situbondo, karhutla terjadi di Petak 37e RPH Bungatan, BKPH Panarukan, masuk dalam wilayah administratif pemerintahan Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. 

Kebakaran terjadi di hutan produksi dengan tegakan pohon jati. Daun jati kering yang berguguran menjadi pemicu terjadinya karhutla.

Selain itu, lanjut Basar, di Kabupaten Nganjuk, terjadi karhutla di petak 140d RPH Maguan, BKPH Berbek, KPH Nganjuk, kebakaran terjadi di lahan dengan tanaman kayu putih ini sudah berhasil dipadamkan oleh Brigdalkarhutla, TNI, dan Polri. 

Baca juga : Mensos: Mohon Kami Dikawal Ya!

Di samping itu, Manggala Agni juga melaksanakan pemadaman dua lokasi di Provinsi Kalimantan Selatan. 

Manggala Agni Kalimantan V/Banjar melakukan pemadaman di Jl Pondok Mangga III, Seberang SPBU Guntung Damar, Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. 

Kebakaran di lahan gambut ini masih menyisakan asap tipis sehingga akan dilakukan pemadaman lanjutan untuk memastikan api benar-benar padam. 

Daops Manggala Agni Kalimantan VI/ Tanah Laut, juga melaksanakan pemadaman di Desa Kali Besar, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut. Lokasi kebakaran yang sudah berhasil di padamkan di dominasi vegetasi purun, galam. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.