Dark/Light Mode

Kalau Perlu, Ada Restrukturisasi Keahlian

Menko PMK: Keselamatan Jiwa Dokter Harus Jadi Prioritas

Minggu, 27 September 2020 19:10 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Karena itu, lanjut Muhadjir, sesama dokter harus memiliki rasa kesetiakawanan untuk saling menguatkan dan mendukung perjuangan melawan Covid-19. Sementara pemerintah, terus berupaya menemukan solusi untuk menekan angka fatalitas dokter maupun nakes.

"Jangan biarkan mereka yang berada di garis depan berjuang sendiri. Kalau perlu, ada restrukturisasi keahlian. Sehingga, semua dokter bisa terlibat secara profesi dalam menangani Covid-19," tutur Menko PMK.

Baca juga : Pesan Rektor UIN Bandung: Bekerja Harus Jadi Tiket Masuk Surga

Ia pun meminta kepada IDI selaku organisasi profesi dokter untuk bertanggung jawab melindungi, memfasilitasi para anggotanya. Termasuk, sejumlah dokter yang tengah berjuang di garis terdepan penanganan Covid-19.

"Perlu ada rumusan tentang bagaimana menjamin para dokter, terutama yang berjuang di garda depan penanganan Covid-19. Sehingga, mereka merasa aman dalam memberikan pelayanan terbaiknya. Bangun solidaritas dengan rasa senasib sepenanggungan. Rasa kesejawatan dan tanggung jawab bersama mengemban amanah profesi dokter," papar Muhadjir.

Baca juga : Pandemi Virus Corona Jadi Pintu Masuk PHK Massal

Dalam kesempatan tersebut, Menko PMK juga mengajak seluruh organisasi profesi, termasuk IDI, untuk terus mempromosikan upaya menyelamatkan Indonesia dari pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Seminar virtual yang juga ditayangkan langsung melalui kanal Youtube itu dihadiri oleh Letua Umum PB DI Daeng Faqih, Ketua IDI Wilayah Jawa Barat Eka Mulyana, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdana Kusuma, Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Broto Wasisto, Ketua Majelis Pengembangan Pelayanan Keprofesian Poedjo Hartono, Ketua Tim Mitigasi PB IDI, Muhammad Adib Khumaidi, para Ketua IDI Wilayah dari seluruh Indonesia, serta para anggota IDI. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.