Dark/Light Mode

128 Triliun Masuk PEN

Anggaran Kemensos Terbesar, Realisasinya Juga Tertinggi Lho

Senin, 28 September 2020 06:22 WIB
Menteri Sosial, Juliari P. Batubara. (Dok. Rakyat Merdeka)
Menteri Sosial, Juliari P. Batubara. (Dok. Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial kembali mencatatkan kinerja anggaran mengesankan. Dari anggaran Rp 134 triliun, realisasinya mencapai Rp 95,9 triliun (71,58 persen), per 24 September 2020.

Dengan demikian, anggaran Kemensos terbesar namun realisasi anggarannya juga tertinggi dari seluruh Kementerian/Lembaga.

Menteri Sosial, Juliari P. Batubara menekankan kepada seluruh jajaran, untuk menjaga dan meningkatkan realisasi anggaran yang sudah dicapai ini.

Baca juga : Penyebaran Corona Rentan Makin Tinggi

Menurut dia, menjaga penyerapan anggaran tinggi sangat penting, khususnya karena sejumlah program bantuan sosial Kemensos masuk dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Perlu dicatat, katanya, dari anggaran PEN Rp 204,95 triliun Tahun Anggaran 2020, lebih separuhnya berada di Kemensos.

“Dari pagu Rp 204,95 triliun, ada Rp 128 triliun di Kementerian Sosial masuk ke PEN. Lebih dari separuh. Jadi, kalau realisasi anggaran di Kemensos tidak optimal, tentu akan sangat mengganggu program nasional PEN,” kata mantan anggota DPR dua periode ini di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Mimpi Grealish Jadi Kenyataan

Ibarat permainan sepak bola, katanya, Kemensos mengambil posisi sebagai libero (pengatur serangan).

“Kalau libero-nya loyo, kemenangan akan sulit diharapkan. Dalam permainan bola ini, kita tidak boleh menang adu penalti, atau menang di babak tambahan. Tapi kita harus menang straight set – kalau main badminton,” kata Juliari.

Pernyataan Mensos ini merupakan penekanan atas arahannya yang disampaikan pada Rapat Pimpinan dengan Eselon I dan Eselon II Lingkup Kantor Pusat Kementerian Sosial RI, belum lama ini. Dengan pernyataannya tersebut, ia bermaksud agar jajarannya meningkatkan realisasi tanpa catatan lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.