Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Via Jalan Tol, Waktu Tempuh Manado Ke Bitung Hanya Setengah Jam

Selasa, 29 September 2020 22:55 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/9/).
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/9/).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah Pekanbaru-Dumai, Presiden Jokowi kembali meresmikan Jalan Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 km secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/9/). 

Pengoperasian ruas tol terpanjang di Sulawesi Utara (Sulut) ini diharapkan dapat segera dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan perekonomian masyarakat Sulut.

"Banyak potensi ekonomi di Provinsi Sulut. Ada industri perikanan, pertanian, perkebunan dan sektor pariwisata. Semuanya membutuhkan dukungan infrastruktur termasuk jalan tol," kata Presiden didampingi Mensesneg, Pratikno dan Menteri BUMN, Erick Thohir saat pengoperasian jalan tol Manado. 

Presiden menuturkan, jalan tol tersebut akan memberikan kemudahan akses barang dan jasa ke Pelabuhan Internasional Bitung, yang merupakan salah satu dari pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur. 

Baca juga : Jalur Sepeda Di Bandung, Baiknya Contek Negara China

Bahkan menurut Presiden, jika seluruh ruas tol sepanjang 40 km tersebut rampung akan memangkas waktu tempuh Manado–Bitung dari waktu tempuh rata-rata 1,5 jam menjadi setengah jam. 

"Jalan tol ini terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata sehingga akses lebih mudah dijangkau. Biaya logistik dari Pelabuhan Bitung dapat ditekan, agar kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung juga dapat lebih maju," kata Presiden.

Presiden juga berharap pariwisata di Sulut berkembang lebih baik setelah berakhirnya pandemi Covid-19.

"Saya yakin investasi akan meningkat dan lapangan pekerjaan juga bertambah sehingga Provinsi Sulut semakin berkembang," ujar Presiden.

Baca juga : Tol Baru, Bandung-Bandara Kertajati Hanya 1 Jam

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan ruas tol ini untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Manado–Bitung – Likupang. 

"Saat ini sedang dilaksanakan juga pembangunan berbagai infrastruktur pendukung pariwisata lainnya, seperti jalan akses Manado -Likupang, Jembatan Marinsow, SPAM Malalayang, TPA Mamitarang dan pengendali banjir," ujarnya. 

Basuki mengatakan, tol Manado-Bitung dibangun dengan skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi total Rp 5,12 triliun.
 
Konstruksi ruas Manado – Airmadidi sepanjang 15 km didanai APBN, sedangkan ruas Airmadidi – Bitung sepanjang 25 km dilaksanakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT)  PT Jasa Marga Manado – Bitung.

"Ditargetkan Seksi 2B Danowudu-Bitung rampung konstruksinya pada Juni 2021 sehingga dapat mengurangi beban jalan arteri nasional yang kondisinya semakin padat akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perekonomian," kata Basuki.

Baca juga : Kesatuan Perempuan Partai Golkar Siap Bangkitkan Sektor Pariwisata

Pembangunan Tol Manado-Bitung sepanjang  40 km dibagi menjadi dua seksi yakni Seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 Km dikerjakan oleh Kementerian PUPR dengan progres Seksi 1A ruas Manado-Sukur (7 Km) dan Seksi 1B ruas Sukur-Airmadidi (7 Km).

Sedangkan untuk Seksi 2 Airmadidi-Bitung sepanjang 25 Km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung yang terbagi Seksi 2A Airmadidi–Danowudu (11,5 Km) dan Seksi 2B Danowudo–Bitung (13,5 Km) progresnya 66,4%. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.