Dark/Light Mode

12 Kampus Di New York Belajar Bahasa Lewat Film Indonesia

Senin, 21 September 2020 18:48 WIB
Cuplikan film Para Hiking. (Foto YouTube)
Cuplikan film Para Hiking. (Foto YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Program Bahasa Indonesia Yale University bersama Film Line Producer New York Acha Production akan memutarkan film berjudul Para Hiking. Dalam rangka memperkenalkan Indonesia lewat bahasa, film dokumenter yang diproduseri Fajrian itu akan ditayangkan di 12 kampus di New York, Amerika Serikat.

"Sebuah film dokumenter yang bercerita tentang humanity dalam sebuah pendakian gunung Gede yang dilakukan lima orang penyandang disabilitas," kata Fajrian.

Baca juga : Puluhan Warga Swiss Belajar Bahasa Indonesia Virtual

Film ini juga akan disiarkan secara virtual pada 22 September 2020 pukul 20.00 waktu Amerika atau Rabu 23 September 2020 pukul 07.00 WIB. Rencananya, Konsul Jenderal Republik Indonesia New York Arifi Saiman secara resmi membuka pemutaran film ini.

Film Para Hiking telah menerima lima penghargaan internasional. Yakni: The Best Feature Film of W Disability Film Festival 2020 di Colorado. Fest Director of Rosebud International Film Festival di Kolkata, India serta Fest Film On Disabilities Issue of Druk International Film Festival di Bhutan. Dan Best Editing, Best Documentary and Short Film (Oustanding Achievement Award) of Ghum International Film Festival du West Bengal, India.

Baca juga : Ini Alasan Esport Jadi Cabor Baru di Indonesia

Serta yang kelima sebagai film dokumenter terbaik. Best Actor (Oustanding Achievment Award). Best Director and Best Short Film of Pattaya International Film Festival di Pattaya, Thailand.

"Memperkenalkan Indonesia di Amerika tidak selalu melalui budaya dan kuliner, tapi bisa lewat bahasa dan film. Terutama bagi warga Amerika yang tertarik mempelajari bahasa Indonesia," tambahnya.

Baca juga : Importir Kopi Premium Terbesar Rusia Dicomblangin Sama Petani Kopi Indonesia

Pemutaran film ini didukung konsorsium 12 universitas yang mempunyai program mengajar bahasa Indonesia. Yakni Arizona State University, Berkeley University of California, Cornell University, John Hopkins University, University of Michigan, Northern Illinois University, Ohio University, UCLA, University of Hawaii, University of Washington, University of Wisconsin - Madison dan juga Yale University.

Seluruh universitas ini tergabung dalam wadah COTI (Consorsium for Teaching of Indonesian). [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.