Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Serunya Sendratari Ramayana Virtual Kolaborasi Thailand dan Indonesia

Jumat, 25 September 2020 14:46 WIB
Serunya Sendratari Ramayana Virtual Kolaborasi Thailand dan Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Bangkok bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan Kementerian Kebudayaan Thailand telah memfasilitasi penyelenggaraan Virtual Ramayana Joint Performance di Teater Nasional Thailand, Bangkok pada 24 September 2020. Kegiatan bertema Two Nations: One Dance berhasil memukau 400 penonton yang antara lain terdiri dari pejabat pemerintah Thailand, kalangan diplomatik, akademisi, media, friends of Indonesia dan masyarakat Indonesia di Thailand.

Pagelaran ini merupakan bagian dari kegiatan peringatan ke-70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand pada tahun ini. Kontak budaya telah berlangsung jauh sebelum tahun 1950 ketika Indonesia dan Thailand secara resmi memulai hubungan dan kerja sama diplomatik. Kisah Ramayana yang dimiliki kedua negara merupakan bukti nyata dari sejarah panjang hubungan kebudayaan tersebut.

Menteri Kebudayaan Thailand Ittiphol Khunpluem di Teater Nasional Thailand. (Foto KBRI Bangkok)

Dalam sambutannya, Menteri Kebudayaan Thailand, Ittiphol Khunpluem menggarisbawahi kegiatan Joint Virtual Dance ini yang baru pertama kalinya ini menegaskan dekatnya rasa persatuan Indonesia dan Thailand dan menginspirasi semakin kuatnya ASEAN Community.

Baca juga : KBRI Paris Promosi Investasi Energi di Indonesia

"Kegiatan budaya ini diyakini akan terus menginspirasi masyarakat kedua negara untuk menciptakan kegiatan bersama, saling berbagai pengetahuan antar institusi untuk tumbuh dan sukses bersama," katanya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim dalam video message yang ditampilkan di awal acara menggarisbawahi bahwa pandemik Covid-19 tidak menghentikan upaya bersama dua negara untuk memberikan yang terbaik. Bahkan pandemi ini menuntut kedua belah pihak untuk lebih kreatif dalam melaksanakan berbagai kerja sama, termasuk penyelenggaraan Joint Virtual Ramayana Dance. Ditekankan juga bahwa seni melampui batas budaya yang terefleksikan dalam upaya kedua negara untuk terus mempromosikan seni budaya. Seni juga membawa kita secara bersama untuk memanusiakan manusia, memberikan inspiasi dimasa sulit dan menjadi petunjuk arah ke arah yang lebih baik.

Kegiatan promosi seni budaya Indonesia dan Thailand melalui pagelaran bersama tari Ramayana menunjukkan kesamaan akar  budaya. “Indonesia dan Thailand perlu terus memupuk rasa persahabatan, terutama di tengah situasi pandemi. Kegiatan ini selain untuk mempererat persahabatan yang telah terjalin 70 tahun, juga bertujuan mendekatkan dua budaya dan hubungan antar masyarakat,” kata Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Bangkok, Dicky Komar, dalam keterangan resmi KBRI Bangkok (25/9). 

Baca juga : Menteri Agama Isolasi Mandiri di Rumah Sakit

Tari Ramayana Indonesia yang dibawakan  Kelompok Wayang Orang Bharata Jakarta dan Paripurna Bali ditampilkan secara virtual. Sedangkan Tari Ramayana Thailand ditampilkan secara langsung oleh kelompok tari Kementerian Kebudayaan Thailand.

Kolaborasi tarian kedua negara disajikan secara apik dan menggambarkan keseluruhan cerita perjuangan Sri Rama dalam membawa kembali Dewi Shinta pulang ke Ayodhia. Tidak hanya berhenti pada promosi seni budaya, KBRI Bangkok pada kesempatan tersebut turut mempromosikan kuliner Indonesia berupa sajian makanan ringan tradisional Dadar Gulung, Lumpia Semarang dan Combro kepada para tamu. Sajian tersebut menambah semarak kegiatan pertunjukan dan antusiasme penonton saat itu.

“Tarian dan makanan tradisional ini membangkitkan kenangan saya ketika mengunjungi Indonesia,” ujar Paputsorn Wongratanapitak, salah satu penonton.

Baca juga : Kemenperin Gelar Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia

Pertunjukan Sendratari Ramayana ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang ketat sesuai imbauan otoritas kesehatan terkait. Selain menghadiri langsung, pertunjukan ini juga telah disaksikan oleh 4500 viewers kedua negara melalui link YouTube, Instagram dan Facebook.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.