Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wapres Ajak Pengusaha Nahdliyin Optimalkan Teknlogi Digital

Jumat, 9 Oktober 2020 14:16 WIB
Wapres Maruf Amin. (Foto: Setneg)
Wapres Maruf Amin. (Foto: Setneg)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mendorong, para pelaku usaha Nahdliyin yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) mengoptimalkan teknologi digital. Hal 

Hal tersebut disampaikan Maruf dalam acara harlah ke-9 HPN yang digelar online, Jumat (9/10). Selain Maruf Amin, dalam acara harlah ini sendiri juga sejumlah tokoh dijadwalkan menjadi pembicara seperti Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. 

Baca juga : Cegah Corona, Pengusaha Minta Buruh Tak Mogok

"Bagi para pelaku usaha Nahdliyin yang tergabung dalam HPN, pemerintah mendorong untuk melakukan digitalisasi dengan mengoptimalkan potensi teknologi digital," kata Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, ke depan teknologi digital akan semakin dominan sebagai next industry standard. Dengan demikian, HPN pun diharapkan bisa memanfaatkan teknologi digital agar dapat mengimbangi perkembangan standard industri tersebut.

Baca juga : Rerie Ajak Penyintas Kanker Saling Dukung

Selain itu, Wapres juga berharap, HPN mulai mendalami dan menangkap tren dunia terkait industri halal global. Apakah dalam bentuk halal finance melalui syariah finance and business, halal tourism, food, cosmetics, pharmaceutical, atau produk gunaan lainnya, hingga media. 

Melalui forum ini, HPN berharap dapat memberikan oase baru kepada pelaku usaha mikro dan menghidupkan sendi sendi ekonomi masyarakat di masa pandemi virus Covid 19 yang sudah hampir setahun menjadi pukulan berat bagi pengusaha di semua sektor. "Besar harapan kami, Harlah HPN ini menjadi momentum kebangkitan dan stimulus ekonomi mikro melalui UMKM/IKM," kata Pauline Dhini selaku panitia acara High Level Seminar ini. 

Baca juga : Wapres AS Mike Pence dan Istri Negatif Corona

Menurutnya, UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi nasional setelah terdampak pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia terus meningkat sampai sekitar 60 persen di masa pra pandemi.

Penyerapan tenaga kerja oleh UMKM juga sangat tinggi dan terus bertumbuh mencapai 96,99 persen– 97,22 persen dengan jumlah pelaku UMKM mencapai 62 juta atau sekitar 98 persen dari pelaku usaha nasional. Di sisi lain, UMKM juga menjadi sektor yang paling terpukul akibat wabah ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.