Dark/Light Mode

Survei PBB, Hasil Survei e-Government Indonesia Naik 19 Peringkat

Sabtu, 10 Oktober 2020 14:49 WIB
Survei PBB, Hasil Survei e-Government Indonesia Naik 19 Peringkat

 Sebelumnya 
Ukuran kinerja yang ada dalam EGDI mencakup tiga dimensi. Antara lain indeks pelayanan online atau online service index (OSI), indeks infrastuktur telekomunikasi atau telecommunication infrastructure index (TII), dan indeks sumber daya manusia atau human capital index (HCI).

Dalam masing-masing penilaian ukuran kinerja tersebut, Indonesia mencatatkan skor yang cukup baik antara lain skor 0.6824 untuk OSI, skor 0.5669 untuk TII, dan skor 0.7342 untuk HCI.

Baca juga : Pandemi Berlanjut, Harga Minyak Mentah Indonesia Turun Ke 37,43 Dolar AS Per Barel

Ketiga komponen tersebut sudah berada di atas skor rata-rata dunia. Meski jika dilihat dari grup Regional Asia dan Sub-Regional Asia Tenggara, Indonesia masih berada di bawah rata-rata regional pada skor indeks infrastruktur telekomunikasi atau TII.

Indonesia juga patut berbangga, karena dalam rilis yang dikeluarkan oleh EGDI, Merah Putih berhasil melompat naik 35 peringkat pada E-Participation Index tahun 2020, dari peringkat 92 pada tahun 2018, menjadi peringkat 53 pada tahun 2020 dengan skor 0.7500.

Baca juga : Tetap di Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Pindah Latihan Ke Split

Skor ini sudah di atas rata-rata dunia dengan skor 0.5677, di atas rata-rata Regional Asia dengan skor 0.6294. Juga di atas rata-rata Regional Asia Tenggara dengan skor 0.6126.

Hal ini membuat Indonesia naik predikat, dari yang sebelumnya termasuk dalam grup High E-Participation Index, menjadi grup Very High E-Participation Index.

Baca juga : Bima S, Film Animasi Superhero Indonesia Berstandar Internasional

Survei tersebut mensejajarkan Indonesia dengan Denmark, Estonia, Jerman, Prancis, Amerika Serikat, Korea, Jepang, China, Australia dan banyak negara maju lainnya dalam hal perolehan Open Government Data Index yang sempurna.

Dari skala yang sama yakni 0 sampai 1, Indonesia berhasil mendapatkan skor 1.0000, dan berhasil mencatatkan namanya pada grup Very High Open Government Data Index (OGDI) Level.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.