Dark/Light Mode

Terawan Hingga Suharso Kampanye Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun

Kamis, 15 Oktober 2020 17:35 WIB
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto
Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengajak semua pemangku kepentingan untuk membiasakan cuci tangan pakai sabun. 

Kampanye cuci tangan dilakukan dalam rangka memperingati ‘Hari Cuci Tangan Sedunia. 

Berbagai kegiatan promosi kesehatan, khususnya perubahan perilaku bersih dan sehat, termasuk Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. 
    
Acara ini bertujuan untuk membahas pentingnya sinergi pemerintah dan mitra pembangunan serta pemangku kepentingan dalam upaya perubahan perilaku cuci tangan pakai sabun. 

Berita Terkait : Bawaslu Tanjungpinang Sosialisasi Kampanye dan Pilkada Bermartabat

Pemerintah dan kemitraan swasta mengeluarkan seruan aksi nasional "Tangan Bersih Untuk Semua".  Ke depan, kemitraan yang diinisiasi oleh 19 perusahaan, lembaga dan asosiasi diharapkan dapat memperkuat sinergi yang berkelanjutan.

Menteri Kesehatan, Terawan meminta semua kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan untuk mendorong pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

“Saya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kemenkes juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” kata Terawan saat menggelar webinar “Kampanye Nasional dan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia,” di Jakarta, Kamis (15/10)

Berita Terkait : Pendemo Juga Baik, Sayang Ada Yang Panas-panasin

Terawan juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di daerahnya masing-masing. 

Selain itu, pemerintah daerah juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya.

“Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya,” ucapnya.  

Berita Terkait : Dana Kampanye Tidak Tertib, Pasangan Calon Akan Dicoret

Semua pihak yang berwenang mempromosikan perubahan perilaku dan praktik bersih melalui kampanye cuci tangan pakai sabun secara berkelanjutan.

Turut hadir dalam Seruan Aksi Nasional "Tangan Bersih untuk Semua" antara lain, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, Menteri Agama, Fahcrul Razi, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Abdul Halim Iskandar, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio serta Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Mereka mengajak semua pemangku kepentingan serta pengambil keputusan untuk membantu kampanye cuci tangan pakai sabun di ruang lingkup kerja masing-masing.[DIR]