Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Omongan Habibie Diviralkan

Penjara Untuk Kriminal, Bukan Untuk Yang Beda Pandangan

Senin, 19 Oktober 2020 06:06 WIB
BJ Habibie. (Istimewa)
BJ Habibie. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Protes ke Polisi setelah menahan para aktivis Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), terus bermunculan.

Yang terbaru, ada yang rame-rame memviralkan video Presiden ke-3 BJ Habibie yang mengatakan, “penjara itu untuk kriminal, bukan untuk yang beda pandangan.”

Tak jelas siapa yang pertama kali mengunggah video tersebut di Twitter. Yang pasti, video berdurasi 53 detik itu mulai ramai diperbincangkan sejak Jumat lalu.

Baca juga : Menaker: UU Ciptaker Beri Jaminan Sosial Buruh Yang Kena PHK

Saat itu, diketahui lagi hebohnya penangkapan sejumlah demonstaran penolak Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker), sampai 8 aktivis KAMI.

Video itu adalah omongan Habibie saat hadir dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC), yang dipandu jurnalis kawakan Karni Ilyas tahun 2019.

Dalam acara itu, sejumlah tokoh ikut jadi narasumber, antara lain DaiKondang AA Gym, Din Syamsuddin, Mahfud MD dan Moeldoko.

Baca juga : Bamsoet Salurkan Bantuan Rp 150 Juta ke Korban Banjir Bandang Sukabumi

Potongan video itu menggambarkan Habibie sedang menceritakan pengalamannya di awal-awal menjadi presiden pada 1998. Dia bilang, sehari setelah mengumumkan kabinet, ia memutuskan untuk membebaskan semua tahanan politik.

Jaksa Agung saat itu kaget dan menanyakan keputusan tersebut. “Saya bilang, penjara hanya untuk (pelaku) kriminal. Bukan untuk yang berpandangan lain,” kata Habibie.

Ia pun memerintahkan Jaksa Agung membebaskan tapol, segera! Sejumlah tokoh lantas ikutan membagikan potongan video Habibie itu.

Baca juga : Indonesia CARE Terus Salurkan Bantuan Ke Korban Banjir Bandang Sukabumi

Ekonom senior Rizal Ramli, misalnya ikutan mengunggah foto Habibie beserta kutipan soal penjara dan politik tersebut. “Semoga Pak Habibie bahagia di surga,” tulis @RamliRizal.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid ikut me-retweet potongan video tersebut. Ia pun turut mendoakan agar warisan Habibie tersebut mengantarkannya ke surga.

“Legacy Presiden Habibie, semoga menambah amal shalih dan shodaqoh jariyah. Juga bagi siapapun yang menjaga dan melanjutkannya. Lahu al Fatihah. Terimakasih Bapak,” tulis @hnurwahid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.