Dark/Light Mode

Isu Resuffle Kabinet

Panas Di Dunia Maya, Adem Di Dunia Nyata

Senin, 26 Oktober 2020 06:09 WIB
Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. (Foto: Sekretariat Negara)
Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin. (Foto: Sekretariat Negara)

 Sebelumnya 
Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Ferry Noor tidak menampik, ada pembahasan di internal partai soal kinerja menteri. Dalam setahun kabinet berjalan, ada sejumlah menteri yang memang belum maksimal. Namun, soal kapan reshuffle, partai yang dikomandoi Yusril Ihza Mahendra ini, mengaku tidak mendapatkan informasi soal reshuffle. “Semua kita serahkan ke Presiden. Banyak kader terbaik PBB yang siap membantu di pemerintahan, jika Presi den minta,” tambahnya.

Pengamat politik Hendri Satrio mencatat, sudah 4 kali Presiden Jokowi menegur menteri-menterinya di muka publik. “Itu merupakan salah satu tan datanda reshuffle,” kata Hensat, sapaan akrab founder lembaga survei Kedai Kopi ini, kemarin.

Baca juga : Anak Buah Panas-panasan Di DPR, Bosnya Ngadem Di istana Negara

Teguran Presiden kepada para pembantunya, kata dia, memang tidak selalu berujung pada perombakan kabinet. Namun, ada 2 tanda yang bisa dijadikan ukuran, kapan reshuffle di lakukan. Pertama, kinerja sejumlah menteri mendapat penilaian tidak bagus dari publik. Kedua, Presiden tak lagi nyaman. “Kalau relawan bersuara, PDIP bersuara. Mungkin reshuffle itu sudah dekat,” ujarnya.

Meskipun di dunia nyata, isu reshuffle asem adem aja, tidak demikian dengan di dunia Maya. Di Twitter, isu reshuffle lumayan panas dibicarakan. Sejumlah nama menteri yang layak diganti dicatut dalam cuitan. Bahkan akun @Spionase025 mengaku dapat bocoran. “Infonya, minggu depan Jokowi lakukan reshuffle menteri. Dan rakyat berharap, menteri yang gak becus kerja dipecat,” cuitnya.

Baca juga : Jatuh Saat Sepedaan, Jidat Luna Maya Kena Lima Jahitan

“Saya rasa sudah saatnya Pak @jokowi mempertimbangkan reshuffle ka binet,” saran @s_fadjriyani. “Sebernya sudah akan reshuffle tapi gegara Covid tertunda, fokus pandemi dulu,” timpal @Dimas_Wbw.

Namun, akun @DeathBatarmy2 menyentil pendukung yang meminta reshuffle. “Kalau emang bener kena reshuffle hebat betul relawan bisa mendikte presiden,” kritiknya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.