Dark/Light Mode

Menko PMK: Pembangunan Keluarga Tentukan Kemajuan Bangsa

Sabtu, 31 Oktober 2020 17:45 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menjadi pembicara di acara webinar, Sabtu (31/10). (Foto: Menko PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menjadi pembicara di acara webinar, Sabtu (31/10). (Foto: Menko PMK)

 Sebelumnya 
Selain itu, Muhadjir mengatakan, Kemenko PMK telah menyiapkan program bimbingan perkawinan (bimwin) secara holistik dengan melibatkan semua kementerian dan stakeholder terkait dalam pembangunan keluarga.

"Sekarang kita arahkan agar semua pihak terlibat dalam bimbingan perkawinan. Tidak hanya domain Kementerian Agama. Tetapi lebih esensial mencakup banyak hal, seperti kesehatan reproduksi, kesehatan rumah tangga, ekonomi keluarga, sanitasi keluarga dan seterusnya," terangnya.

Baca juga : Sukur Pimpin Rapat Pemenangan Yesy Dan Adly Di Karawang

Muhadjir menjelaskan, keterlibatan kementerian terkait dalam bimbingan perkawinan guna mewujudkan pembangunan rumah tangga dan keluarga baru yang matang.

Seperti kerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dalam program pengembangan keterampilan kerja dan kartu prakerja khusus pengantin baru, kerja sama dengan Kemenkop UKM dalam hal akses modal dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus pengantin baru. "Ini dilakukan agar kita bisa siapkan rumah tangga indonesia betul-betul siap," cetus dia.

Baca juga : Pecahkan Rekor, Jumlah Penumpang Bandara Soetta Tembus 61 Ribu Orang

Muhadjir menegaskan, keluarga sebagai unit lembaga terkecil dalam suatu negara dan merupakan cerminan keadaan negara. Karena itu kesuksesan pembangunan keluarga akan menentukan arah kemajuan negara.

Ia menambahkan kalau kita ingin membuat negara bagus maka perbaguslah keluarganya, kalau kita inginkan negara makmur maka makmurkanlah keluarga. "Kalau kita ingin bangsa selamat maka selamatkanlah keluarga Indonesia," pungkas Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.