Dark/Light Mode

Bakal Tercapai 100 Persen, Program Pemulihan Ekonomi Nasional Klaster Perlindungan Sosial

Jumat, 6 November 2020 05:39 WIB
Bakal Tercapai 100 Persen, Program Pemulihan Ekonomi Nasional Klaster Perlindungan Sosial

 Sebelumnya 
Dua tambahan program lainnya yang bekerja sama dengan BULOG, yakni Bansos Beras untuk KPM PKH dengan target 10 juta KPM sudah dimulai Agustus dan akan selesai November 2020, dengan total penyaluran beras sebesar 450 ribu ton.

Satu lagi BST untuk KPM Program Sembako non PKH dengan target 9 juta KPM, yang sudah dieksekusi pada bulan September lalu.

Untuk PKH, dari anggaran Rp 36,71 triliun, sudah terserap 100 persen. Untuk BPNT, dari anggaran Rp 43,12 triliun, sudah terserap Rp 37,31 triliun. Sisanya, akan dicairkan di bulan November dan Desember. "Jadi, Insya Allah pencapaiannya akan 100 persen," ujar Juliari.

Baca juga : Ibas Yakin IKM Dapat Jadi Penggerak Kestabilan Ekonomi Negara

Dari sisi anggaran program-program khusus yaitu yang pertama Bansos Sembako Jabodetabek, ini akan selesai pada Desember mendatang, yang realisasinya mencapai Rp 5,65 triliun dari anggaran Rp 6,84 triliun.

Bansos Tunai, masih berjalan sampai Desember dengan realisasi Rp 25,86 triliun dari anggaran Rp 32,4 triliun.

"Insya Allah, ini juga tidak akan menemui kendala untuk realisasi 100 persen. Yang terakhir  Bansos Tunai Bagi KPM Sembako non PKH sudah dieksekusi sepenuhnya pada September lalu, dengan anggaran Rp 4,5 triliun,” imbuh Juliari.

Baca juga : Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional, Ketua MPR Minta Dukungan Ketua Parlemen Turki

Beberapa program juga akan langsung dijalankan pada Januari 2021 mendatang. Baik yang sifatnya regular seperti halnya program PKH dan BPNT yang akan diselenggarakan mulai Januari 2021, maupun program BST yang akan diselenggarkan Januari – Juni 2021.

Klaster perlindungan sosial dalam program PEN memang diinstruksikan oleh Presiden, untuk langsung disusun kembali rencana program penyalurannya pada Kuartal I 2021.

Hal ini untuk menjaga konsumsi nasional dan diharapkan berkontribusi untuk pemulihan ekonomi.

Baca juga : Depok Perpanjang Pembatasan Jam Operasional Pusat Perbelanjaan

“Semua rakyat yang mendapat dampak terbesar dan berada pada strata terbawah, harus dibantu. Baik penyerapan sampai Desember 2020 hingga tahun depan, kita akan tetap fokus agar program-program perlindungan sosial baik itu yang ada di Kemensos, Kemenaker, maupun Kementerian dan Lembaga lainnya akan kita dorong karena berdampak terbesar bagi masyarakat terbawah,” papar Budi Gunadi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.